Minggu , 17 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dana Pilkades Serentak

Dana Pilkades Serentak

Gianto

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko merencanakan dana  untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2020, sebagian disalurkan ke pemerintah desa (Pemdes).

Apalagi untuk penyeenggaraan itu, DPMD Mukomuko sudah mengajukan dana sekitar Rp 800 juta untuk diakomodir dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2020.

Ini untuk kelancaran Pilkades dan sebagai perbaikan tata kelola penyelenggaran Pilkades serentak di Kabupaten Mukomuko. Tentu tidak seluruh dana tersebut untuk Pemdes. Tapi dari konsep pihaknya sebagian besar dana akan dikucurkan langsung ke desa.

‘’Kucuran dana ke desa berbentuk bantuan desa. Jika nanti disetujui semua, sebagian besar untuk desa. Sebagiannya lagi untuk keperluan Panitia Pilkades tingkat Kabupaten,” kata Kepala DPMD Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Sehingga anggaran Pilkades untuk panitia kabupaten hanya sekitar Rp 100 juta. Maka tidak lagi dana Pilkades terpusat di DPMD dan di panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Wacana kita, yang untuk Panitia Pilkades tingkat desa tidak lagi pada DPMD. Tetapi langsung dikucurkan ke desa dalam bentuk bantuan Pilkades,” jelas Gianto.

Kalau dana yang diusulkan tersebut dapat diakomodir pada APBD 2020 mendatang, dia memperkirakan dana untuk Pilkades serentak bisa cukup. Maka desa yang selenggarakan Pilkades tidak perlu lagi mengalokasikan dana Pilkades di APBDes masing-masing.

“Kalau nantinya sudah diakomodir di APBD sesuai usulan, saya rasa tidak perlu lagi dianggarkan pada APBDes. Insya Allah dana cukup. Untuk pengadaan keperluan Pilkades tidak banyak lagi,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Vaksinasi HPR Tuntas November

MUKOMUKO – Vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), ditarget rampung di November ini. Total, sudah 2.350 ...

error: Content is protected !!