Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Diduga Lahan Sengaja Dibakar

Diduga Lahan Sengaja Dibakar

PEMADAMAN: Petugas Pos Damkar PUT dan Kota Padang saat melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan di Desa Karang Baru Kecamatan PUT.

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus berupaya melakukan pemadaman api terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang masih terus terjadi di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten RL. Terbaru terjadi di wilayah Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) sore Minggu (8/9) lalu sekitar pukul 17.45 WIB.

Diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kabupaten RL Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB, kebakaran terjadi dilahan seluas setengah hektare milik Kandar (52) warga setempat. Dugaan awal, api berasal dari api puntung rokok yang dibuang sembarang. ‘’Kalau untuk dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,’’ terang Sumardi.

Pemadaman bisa segela dilakukan dengan menurunkan dua unit armada dari Pos Damkar Kecamatan PUT dan Pos Damkar Kota Padang. Sedangkan untuk kerugian yang diderita pemilik lahan, ditafsir mencapai lebih kurang Rp 5 juta. ‘’Kita terus mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya jangan sembarangan membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarang. Terlebih melakukan pembakaran lahan dengan sengaja,’’ imbau Sumardi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten RL Basuki, S.Sos menyampaikan, dari catatan mereka setidaknya ada 10 kejadian Karhutla dalam satu bulan belakangan di beberapa wilayah kecamatan. Dan diduga beberapa diantaranya memang sengaja dibakar.

‘’Karena dari pengamatan kita beberapa lahan yang terbakar adalah lahan yang baru dibuka. Dugaan ini dilatar belakangi pembiayaan lahan untuk kebun dan pertanian yang cukup tinggi. Sehingga mengambil jalan pintas membakar lahan dengan asusmsi agar tidak susah membersihkannya. Ditambahkan sisa pembakaran bisa menyuburkan tanah atau lahan yang akan mereka kelola. Padahal ini sangat membahayakan kondisi udara dan menyebabkan kebakaran hutan,’’ terang Basuki.

Selain ulah oknum tidak bertanggungjawab, tambah Basuki, beberapa diantaranya penyebab kebakaran karena pembakaran sampah maupun akibat api puntung rokok yang dibuang sembarangan dilahan kering kosong. ‘’Untuk upaya penanggulangan, kita sudah menyiagakan armada dan personil serta logistik untuk proses penanganan saat terjadi Karhutla. Selain itu, Pemkab juga sudah mengeluarkan imbauan kepada dinas instansi, termasuk pihak kecamatan,’’ demikian Basuki.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!