Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Dugaan Pungli PTSL Bakal Ada Tersangka

Dugaan Pungli PTSL Bakal Ada Tersangka

Ariefaldi WN

ARGA MAKMUR – Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara akan segera meningkatkan kasus dugaan pungutan liar (pungli) program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Suka Makmur, Kecamatan Marga Saksi Sebelat dari penyelidikan ke penyidikan. Penyidik tinggal melakukan pemeriksaan satu saksi ahli lagi.

Dugaan pungli ini diduga dilakukan Kades Suka Makmur, Maryono tahun 2017 lalu. Polisi sudah memiliki kuitansi bukti bayar masyarakat yang ditandatangani oleh Maryono selaku kades.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP. Jery S Nainggolan, S.IK menerangkan pihaknya sudah mengagendakan pemeriksaan saksi ahli di minggu ini. Saksi ahli yang akan diperiksa yakni ahli pidana yang akan menentukan apakah perkara ini memenuhi unsur tindak pidana atau tidak. “Untuk saksi-saksi sudah kita mintai keterangan, termasuk Kades Suka Makmur. Tinggal satu pemeriksaan lagi, saksi ahli,” terangnya.

Setelah pemeriksaan ahli, dan jika dinyatakan terjadi tindak pidana, maka penyidik Sat Reskrim akan menelaah apakah bukti-bukti yang dimiliki sudah cukup atau belum untuk penetapan tersangka. “Jika memang sudah memiliki dua alat bukti, kita akan segera menetapkan tersangka perkara ini,” beber Kasat Reskrim.

Perkara yang diusut polisi ini bukan hanya soal pungli, dimana diduga biaya pembuatan sertifikat PTSL dipungut Rp 500 ribu yang seharusnya hanya Rp 200 ribu. Namun, dalam penyelidikan diketahui ternyata Desa Suka Makmur tidak pernah mendapatkan program PTSL dari Kantor Pertanahan Nasional (KPN). Ini mengindikasikan program yang ditawarkan kades adalah fiktif. Hal ini dikuatkan dengan tidak terbitnya sertifikat yang diajukan warga meskipun sudah membayar.(qia)

Berita Lainnya

Juhaili Waka I DPRD Bengkulu Utara

  ARGA MAKMUR – Selangkah lagi pimpinan DPRD Bengkulu Utara (BU) akan terbentuk. Setelah Sonti ...

error: Content is protected !!