Minggu , 17 November 2019
Home / Daerah / Lebong / IMB Pasar Modern Terganjal DLH

IMB Pasar Modern Terganjal DLH

PELABAI – Pembangunan Pasar Modern Muara Aman masih meninggalkan masalah. Sampai saat ini pekerjaan proyek senilai Rp 13 miliar oleh oleh PT. Serumpun Makmur Anugerah Sentosa itu belum juga mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pengurusan izin sudah diajukan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong sejak Agustus.

Namun Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) belum mengeluarkan rekomendasi lantaran masih menunggu persetujuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Terkesan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis penerbit IMB saling lempar.

‘’Kalau sudah ada persetujuan dari DLH, barulah rekomendasi IMB kami terbitkan,’’ ujar Kabid Pembiayaan Perumahan, Disperkim Kabupaten Lebong, Puji Warno, S.Pd.

Izin lingkungan, lanjut Puji, merupakan dasar persyaratan untuk bisa dikeluarkannya IMB. Terkait pengajuan IMB dari Dinas PUPRHub itu, Disperkim sudah koordinasi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Namun berkas yang diajukan Bidang Cipta Karya, Dinas PUPRHub masih banyak yang kurang sehingga harus dilengkapi dahulu. ‘’Persyaratan yang diminta DLH sudah dilengkapi, namun kami belum terima rekomendasi dari DLH,’’ tukas Puji.

Sementara Kabid Cipta Karya, Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong, Bustari, ST belum berhasil dikonfirmasi. Disambangi Senin (9/9), ia sedang tidak di kantornya. Namun Kepala DLH Kabupaten Lebong, Zamhari, SH, MH membantah pernyataan Puji. Dikakuinya, DLH sudah menyatakan sikap setuju terkait penerbitan IMB pembangunan Pasar Modern Muara Aman. ‘’Tidak benar kalau IMB terganjal persetujuan dari kami DLH,’’ tandas Zamhari.

Justu ia menyayangkan teknis pembangunan Pasar Modern Muara Aman yang pekerjaannya mendahului izin. Sekalipun itu proyek milik pemerintah. Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 102 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup, telah dijelaskan pekerjaan proyek pemerintah sekalipun tetap harus mengantongi IMB.

‘’Karena surat persetujuan sudah kami terbitkan, silahkan Disperkim dan PUPRHub menindaklanjuti surat kami sesuai kewenangan masing-masing,’’ tutup Zamhari.

Pantauan RB, pekerjaan Pasar Modern Muara Aman tahap I yang sempat dilaksanakan tahun 2018  dan tidak selesai itu masih terus berjalan. Pihak pelaksana tidak mengindahkan persoalan belum adanya IMB karena Pemkab Lebong sendiri tidak mengeluarkan perintah penghentian sementara pekerjaan.(sca)

Berita Lainnya

Baru 228 yang Daftar CPNS di Lebong, 46 Sudah Serah Berkas

PELABAI – Hingga hari ke 6 pendaftaran secara online di situs Sistem Seleksi Calon Aparatur ...

error: Content is protected !!