Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Potensi Kerugian Negara Dana Desa Wayhawang Rp 280 Juta

Potensi Kerugian Negara Dana Desa Wayhawang Rp 280 Juta

KOTA BINTUHAN – Hasil audit dana desa (DD) Desa Wayhawang tahun 2017 menemukan potensi kerugian negara (KN) mencapai Rp 280 juta. Audit ini dilakukan oleh tim dari Inspektorat dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bengkulu. Jumlah KN ini lebih kecil dari audit internal yang dilakukan oleh penyidik Polres Kaur yang mencapai Rp 300 juta. Diketahui total anggaran DD Desa Wayhawang tahun 2017 mencapai Rp 750 juta.

“Ya hasil auditnya sudah ada sekitar Rp 280 juta dan akan kita ekspos atau sampaikan kepada pihak Polres Kaur. Kemudian pihak desa akan kita surati dan untuk mengembalikan kerugian negara tersebut selama 60 hari setelah kita sampaikan surat tersebut,” kata Kepala Inspektorat Kaur Three Marnope.

Pihaknya mengaku masih menyusun jadwal untuk pelaksanaan ekspos dalam waktu dekat. Namun secepatnya hasil audit ini akan segera ditindak lanjuti. Serta akan segera ditembuskan kepada pihak terkait baik itu pihak desa dan juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur.

Untuk diketahui dugaan penyimpangan DD Desa Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur tahun 2017 ini ditangani Satreskrim Polres Kaur. Juli lalu, penyidik Unit Tipikor telah mengekspos kasus ini dengan Inspektorat Kaur. Sehingga Inspektorat melakukan penghitungan kerugian negara.

“Kita menunggu saja saat ini jika ada kerugian sesuai aturan dan jika tidak ditindak lanjuti maka akan kita proses. Untuk informasi lebih lanjut kita masih menunggu hasil audit dari Inspektorat,” ujar Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu Ahmad Kairuman, M.Si. (cik)

Berita Lainnya

Usulan Anggaran Pilkada Rp 49 Miliar

KOTA BINTUHAN – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) saat ini tengah menggodok usulan dana pemilihan ...

error: Content is protected !!