Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Metropolis / Revolusi 4.0 Pengaruhi Dunia Pendidikan

Revolusi 4.0 Pengaruhi Dunia Pendidikan

DIALOG: Pemateri dalam acara Seminar Nasional Dunia Pendidikan dalam Perubahan Revolusi 4.0 berdialog bersama, Senin (9/9).(foto: riko purnando/rb)

BENGKULU – Perkembangan pendidikan tidak lepas dari adanya perkembangan dari revolusi industri yang terjadi. Revolusi 4.0 diyakini dapat memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan. Digitalisasi dalam dunia industri ikut mengubah tatanan dunia pendidikan. Hal itu terungkap dalam kegiatan Seminar Nasional Dunia Pendidikan dalam Perubahan Revolusi 4.0 yang digelar, Senin (9/9) di Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB).

Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd mengatakan  semakin canggihnya teknologi juga ikut berpengaruh pada pendidikan. Ia mencontohkan penggunaan smartphone ikut memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan. Meski demikian ia juga mengingatkan dampak negatif dari pemanfaatan teknologi ini. “Anak kita sekarang kebanyakan bermain game pada handphone, sehingga waktu itu banyak terbuang,” katanya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Hj. Yusliwani, SE, MM mengatakan, perubahan revolusi berkaitan erat dengan perubahan sendi-sendi ekonomi yang imbasnya juga memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan yang baik akan berawal dari ekonomi yang baik.

“Karena ekonomi juga sangat bergantung dengan kestabilan pendidikan. Kalau kita ingin di suatu negara perekonomian baik maka pertama yang diutamakan pendidikan,” ujarnya.

Sementara, Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. Chairil Anwar menyampaikan, dengan adanya akses teknologi yang kuat dan akses teknologi tanpa batas, maka dunia pendidikan akan meningkat. “Teknologi semakin canggih dan juga memberikan kesan baik dan buruk kepada pendidikan,” nilainya. (cw3)

Berita Lainnya

Pemerintah Kota Bagi-bagi Ambulance dan Mobnas

BENGKULU – Jelang tutup tahun anggaran 2019 yang tinggal dua bulan lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) ...

error: Content is protected !!