Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Lebong / Teguh Mendaftar Cabup PDIP

Teguh Mendaftar Cabup PDIP

AMEN – Bursa penjaringan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang akan diterjunkan dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Lebong 2020, mulai dilakukan sejumlah partai politik (parpol). Salah satunya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mulai membuka bursa cabup dan cawabup terhitung Senin (9/9) dan akan ditutup Senin (23/9).

Di hari pertama itu, perahu PDIP langsung dilamar Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto, SE yang juga menjabat Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Lebong.

Dikatakan Teguh, pendaftarannya dalam bursa cabup PDIP tidak hanya bersifat perorangan. Namun sekaligus sebagai bentuk tawaran koalisi dari Nasdem. Mengingat syarat parpol mengusung pasangan cabup-cawabup harus memiliki 5 kursi di legislatif. Sementara Nasdem hanya menduduki 4 kursi dari 25 kursi di DPRD Kabupaten Lebong.

‘’Komunikasi Nasdem dan PDIP di Lebong sudah terjalin dengan baik sejak lama, makanya kesamaan visi dan misi perlu dikukuhkan dalam pengusungan calon dalam Pilbup 2020,’’ kata Teguh.

Tidak dipungkirinya, Nasdem juga akan menjalin komunikasi dengan parpol lain yang juga memiliki kursi di DPRD dalam menghadapi Pilbup. Namun karena baru PDIP yang membuka penjaringan kandidat calon, Nasdem belum menjalin komunikasi yang intens dengan parpol lain. ‘’Yang jelas kalau keinginan dari partai (Nasdem, red), tentu saja kursi cabup yang diusung parpol yang berkoalisi dengan Nasdem adalah kader dari Nasdem. Namun faktanya tergantung negosiasi dalam koalisi,’’ papar Teguh.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kabupaten Lebong, Sudirman Alif, S.MHk memastikan penjaringan cabup dan cawabup dibuka seluasnya tanpa membatasi latar belakang siapapun yang mendaftar. Baik kader maupun sebatas loyalis parpol atau kalangan non parpol tetap memiliki peluang diusung PDIP sepanjang punya basis massa yang jelas serta berkomitmen membangun Lebong. ‘’Kebetulan di hari pertama ini (kemarin, red) baru satu calon yang mendaftar,’’ ujar Sudirman.(sca)

Berita Lainnya

Desak Pemerintah Kabupaten Tutup Galian C Suami Dewan

PELABAI – Tokoh masyarakat Kabupaten Lebong, Rozi Antoni mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menyegel tambang ...

error: Content is protected !!