Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Seluma / Waspadai Pungli Pengangkatan Tenaga Kontrak

Waspadai Pungli Pengangkatan Tenaga Kontrak

SELUMA – Jelang pengangkatan Tenaga Kontrak (TK) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma yang rutin digelar setiap tahun, berpeluang terjadinya pungutan liar (pungli). Sebagai langkah antisipasi, tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Seluma akan turun untuk melakukan pengawasan.

‘’Jika ada (pungli, red) laporkan. Pelapor akan kami lindungi, jangan takut,’’tegas Ketua Tim Saber Pungli Seluma yang juga Waka Polres Seluma, Kompol. Afrizal kepada RB, Senin (9/9).

Selain menunggu laporan masyarakat terkait adanya pungli dalam perekrutan TK ini, Tim Saber Pungli juga menurunkan tim khusus untuk mengawasi dan memantau proses perekrutan TK OPD. Sehingga pelaksanaan perekrutan bersih dari pungli. ‘’Nanti bagian intelijen kita yang turun memantau proses perekrutan ini. Proses perekrutan harus bersih dari segala bentuk pungutan,” kata Afrizal.

Untuk itu Afrizal mengingatkan OPD yang melakukan perekrutan TK untuk benar-benar melaksanakan proses perekrutan dengan sebenarnya tanpa ada pungutan ataupun menarik imbalan. Karena jika terbukti ada pungutan, maka Tim Saber Pungli akan memproses hukum oknum yang melakukan pungutan.

“Terbukti akan kita tindak tegas. Oleh karena itu kita minta masyarakat ikut mengawasi. Bila mengetahui ada pungutan dalam perekrutan TK ini segera lapor agar dapat kita proses dan tindak,’’ sampai Afrizal.

Informasi yang beredar, saat ini sudah ada oknum mengatasnamakan pejabat turun mencari warga untuk direkrut menjadi TK OPD. Oknum ini mengaku bisa memuluskan langkah menjadi TK, namun dengan uang pelicin antara Rp 2,5 juta hingga Rp 7,5 juta. Besaran pungutan ini tergantung dengan OPD yang merekrut TK.

‘’Memang ada pak, saya juga diminta. Oknum ini mengatasnamakan pimpinan dalam melakukan pungutan. Pungutan ini termasuk juga untuk TK yang saat ini masih aktif bekerja. Jika masih ingin menjadi TK harus menyetor sejumlah uang,” ujar salah seorang TK yang minta namanya tidak ditulis.(aba)

Berita Lainnya

Pergantian Musim, Waspada Demam Berdarah Dangue

SELUMA – Memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan, masyarakat Kabupaten Seluma diminta waspada. Khususnya ...

error: Content is protected !!