Minggu , 17 November 2019
Home / Metropolis / Ahli Waris Jamaah Haji Dapat Rp 18,6 Juta

Ahli Waris Jamaah Haji Dapat Rp 18,6 Juta

Bustasar

BENGKULU – Jamaah Haji (JH) asal Bengkulu yang meninggal dunia akan menerima santunan atau asruransi sebesar Rp 18,609 juta. Santunan ini akan diberikan kepada ahli waris dan direalisasikan setelah seluruh jamaah haji asal Indonesia dipulangkan kembali ke tanah air yang akan berakhir pada tanggal 16 September ini.

“Santunan dari asuransi untuk jemaah haji yang meninggal ini nantinya baru akan direalisasikan setelah kepulangan seluruh jamaah haji Indonesia,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu H. Bustasar, M.Pd melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Drs.H.Ramlan,M.HI.

Santunan yang akan terima, terang Ramlan, sebesar Rp 18,609 juta. Setelah persyaratan semuanya tuntas dan rampung, akan diproses pencairan dari pihak asuransi. Uang santunan tersebut akan dikerim ke rekening jamaah haji yang bersangkutan. Pengurusan dilakukan secara nasional.

“Persyaratan tinggal berita acara lagi. Pencairannya akan langsung masuk ke rekening jamaah haji yang bersangkutan. Nanti rekeningnya bisa diaktifkan kembali melalui ahli waris,” beber Ramlan.

Lanjutnya, total keseluruhan jamaah haji meninggal ada 9 orang. Dua diantaranya meninggal di Tanah Air dan tujuh orang meninggal di tanah suci. Seluruh ahli waris dari 9 jamaah ini diperkirakan akan mendapatkan asuransi. “Insya Allah semuanya akan mendapat asuransi. Untuk yang meninggal di tanah air sudah diproses untuk pengurusan asuransinya, Sedangkan yang di tanah suci masih menunggu pemberitahuan,” jelas Ramlan.

Terakhir jamaah haji atas nama Ramli Jamer Abdul Latif warga Desa Semlako Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong. Ramli yang sempat menjalani perawatan secara intensif di tanah suci pemulangannya sempat tertunda karena kondisinya, Dipulangkan serentak dengan jamaah haji kloter terakhir pada Embarkasi Padang setelah kondisinya cukup membaik. Namun setelah tiba di tanah Air, kondisi Ramli kembali memburuk.

“Ada satu lagi jamaah kita yang masih tinggal di Tanah Suci, atas nama ibu Fatma Dewi dari Seluma. Insya Allah besok (hari ini) atau lusa (12/9) akan dipulangkan ke tanah air. Panitia provinsi akan menjemputnya langsung di Jakarta,” demikian Ramlan. (key)

Berita Lainnya

Rumah Potong Hewan Mulai Rusak

BENGKULU – Asisten II Pemerintah Kota Bengkulu Dra. Zuliyati bersama PLT Kepala Dinas Ketahanan Pangan ...

error: Content is protected !!