Minggu , 8 Desember 2019
Home / Berita utama / Apresiasi dan Dukung Penguatan KPK

Apresiasi dan Dukung Penguatan KPK

Ridwan Nurazi

BENGKULU – Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc menanggapi kritikan sejumlah pihak tentang adanya Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam revisi Undang-Undang (UU) KPK yang disetujui oleh DPR. Semestinya, kata Ridwan, semua pihak mengapresiasi apa yang sudah dilakukan KPK selama ini dalam rangka pemberantasan korupsi.

Namun KPK harus lebih berhasil lagi dan lebih sukses. Sehingga mutu yang dihasilkan dalam menegakkan masalah korupsi dapat menjadi lebih sempurna. Untuk itulah perlu adanya penguatan agar menghasilkan sesuatu yang semakin kuat dan bermutu. Penguatan tersebut yakni dengan adanya Dewan Pengawas KPK sesuai dalam revisi UU KPK. Itu tentunya bukan melemahkan KPK. Tapi lebih memperkuat KPK kedepannya. Ia mengatakan bahwa setiap institusi memang membutuhkan check and balances karena tentunya tidak ada yang dilakukan tanpa ada pengawasan.

“Kita ketahui bahwa KPK ini lembaga superbody, tapi ada hal hal yang perlu dilakukan dan membutuhkan check and balancesnya,” ujarnya.

Sedangkan untuk masalah terkait calon pimpinan (capim) yang juga menjadi polemik tentunya semua unsur lainnya harus menyerahkan sepenuhnya kepercayaan terhadap petugas pansel. Tentunya pansel merupakan orang-orang terpilih yang mencari orang terbaik di Indonesia ini untuk dapat melaksanakan tugas di KPK. Menurutnya semua pihak harus membiarkan pansel bekerja sesuai kapasitasnya terlebih dahulu dan nanti hasilnya jangan dipolemikkan dahulu. Tentunya hasil pansel untuk menseleksi adalah seobjektif mungkin untuk itu semua pihak harus sabar dan menyerahkan kepercayaannya kepada para tim pansel. Nantinya juga hasil tersebut akan diserahkan di DPR. Disanalah baru bisa didebatkan dan kita mempercayakan DPR sebagai wakil rakyat.

“Biarkan mereka bertugas sesuai dengan kapasitasnya, jangan diperdebat dahulu, berdebat sih boleh, berbeda pendapat pun boleh tapi harus disalurkan secara yang benar,”tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

PAPARAN: Salah satu narasumber saat memaparkan materinya pada para peserta.

Tuntut ATLM Profesional Pada Era 4.0
DPW PATELKI Bengkulu Gelar Seminar Nasional

PAPARAN: Salah satu narasumber saat memaparkan materinya pada para peserta. BENGKULU- Dalam menghadapi era revolusi ...

error: Content is protected !!