Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Bangun Destinasi Wisata, Telan Dana Rp 1,8 Miliar

Bangun Destinasi Wisata, Telan Dana Rp 1,8 Miliar

MULAI DIBANGUN: Fasilitas pendukung terlihat mulai dibangun di kawasan Air Terjun Batu Bekinyau, yang dijadwalkan selesai Oktober mendatang.(foto: Yayan/RB)

SELUMA BARAT – Ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata, saat ini fasilitas di lokasi Air Terjun Batu Bekinyau di Desa Sengkuang Jaya, Kecamatan Seluma Barat mulai dibangun. Tidak tanggung-tanggung untuk membangun fasilitas penunjang wisata air terjun ini, Pemkab Seluma melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mengucurkan dana Rp 1,8 miliar.

Dana ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenpar tahun 2019 khusus untuk pembangunan objek wisata di Kabupaten Seluma.

Kadisparpora Seluma, Rijono, M.Si mengatakan dana yang dialokasikan tersebut untuk membangun fasilitas pendukung juga jalan menuju air terjun tersebut.

‘’Ya, saat ini pembangunannya telah dimulai, yang kita targetkan selesai pada Oktober mendatang,” terang Rijono, Selasa (10/9).

Dijelaskan Rijono, fasilitas yang akan dibangun di Air Terjun Batu Bekinyau tersebut yakni panggung Seni, mushola, gazebo, jalan khusus pejalan kaki, toilet, tempat jualan souvenir serta gapura masuk air terjun.

‘’Kami yakin jika pembangunan ini telah selesai, air terjun ini akan banyak dikunjungi. Sehingga dapat menambah PAD Kabupaten Seluma dari sektor pariwisata,’’ kata Rijono.

Lanjutnya untuk mengelola objek wisata ini nanti akan dikelola langsung oleh pihak Desa Sengkuang Jaya, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sehingga juga akan memberikan pemasukan bagi desa tempat air terjun ini berada. ‘’Nanti setelah proses pembangunan selesai, akan kita serahkan langsung kepada pihak desa untuk selanjutnya dikelola oleh Bumdes,’’ imbuhnya.

Adapun teknis pengelolaan objek wisata ini tambah Rijono, akan diatur dengan Peraturan Bupati (perbup) Seluma. Mengatur terkait setoran PAD ke Pemkab dan yang didapat oleh desa.

‘’Yang jelas sama-sama menguntungkan. Desa dapat pemasukan dan Pemkab Seluma juga mendapat tambahan PAD dari Air Terjun Batu Bekinyau ini,’’ tandasnya.(aba)

Berita Lainnya

Separuh Honorer Pemerintah Kabupaten Bakal Dirumahkan

SELUMA – Tahun 2020, Kabupaten Seluma akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati. Untuk memaksimalkan ...

error: Content is protected !!