Kamis , 19 September 2019
Home / Metropolis / DKP Gagas Program Sejuta Ikan

DKP Gagas Program Sejuta Ikan

Syafriandi

BENGKULU – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mulai mengusulkan anggaran dalam rancangan APBD 2020 mendatang. Salahsatunya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu yang mengusulkan anggaran total sebesar Rp. 37,5 miliar untuk kebutuhan menjalankan program kelautan dan perikanan kota.

Kepala DKP Kota, Syafriandi, MSi mengatakan untuk menunjang program nelayan se-Kota Bengkulu, pihaknya membutuhkan dana anggaran sekitar Rp 37,5 miliar yang akan diusulkan dalam APBD mendatang. “Dari anggaran itu rinciannya kita juga ada berkaitan dengan program sejuta ikan. Dimana program sejuta ikan ini menjadi program andalan kita dalam memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat Bengkulu,” terang Syafriandi.

Program sejuta ikan tersebut, dijelaskan Syafriandi, membutuhkan anggaran sekitar Rp 7 miliar, dengan rincian untuk pembelian pembibitan ikan air tawar, pembinaan balai benih ikan serta kebutuhan pakan lainnya.

“Tujuan program sejuta ikan ini agar ke depan masyarakat Bengkulu tidak lagi membeli ikan di luar daerah. Karena kebutuhan ikan kita sudah tersedia banyak. Dan tentu harapannya di tahun 2021 nanti, kita tidak lagi membeli bibit ikan dari luar daerah. Karena program yang terlaksana ini akan menjadi program andalan dan contoh daerah lain,” ungkapnya.

Selain program sejuta ikan, lanjut Syafriandi, juga ada program 1001 kapal bagi nelayan kota yang membutuhkan termasuk pembuatan fish apartement (rumah ikan) serta juga untuk penyelamatan kawasan Pulau Tikus.

Ia juga menyampaikan, mengingat kebutuhan anggaran yang lumayan besar tersebut, pihaknya juga mengusulkan dana kementerian kelautan terkait agar sejumlah nelayan Kota Bengkulu kedepan bisa lebih sejahtera. “Anggaran APBD kota memang terbatas. Namun kita akan mencoba melobi ke kementerian berkaitan dengan kebutuhan anggaran yang kita usulkan tersebut,” jelasnya.(new)

Berita Lainnya

Tingkatkan PAD, Bayar PBB Lewat Aplikasi

BENGKULU – Ini informasi penting masyarakat Kota Bengkulu yang ingin membayar pajak bumi bangunan (PBB) ...

error: Content is protected !!