Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Jadup Habis, Warga Minggat

Jadup Habis, Warga Minggat

KOTA BINTUHAN – Setelah jatah hidup (jadup) para penghuni Trans Kedataran Kecamatan Maje habis, saat ini penghuni trans berangsur-angsur meninggalkan lokasi. Bahkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kaur mencatat penghuni trans tersebut tinggal 33 kepala keluarga (KK). Dari sebelumnya mencapai 198 KK. Penghuni trans yang bertahan saat ini sebagian besar dari wilayah Jawa. Penghuni yang minggat karena kebun mereka belum menghasilkan. Sementara jadup tidak lagi disalurkan. Para penghuni yang telah kabur itu diminta segera kembali. Jika dalam enam bulan tidak kembali, maka akan diganti dengan penghuni baru.

“Kita akui saat ini penghuni Trans Kedataran akan kita ganti dengan yang baru.Kita sudah surati Pemkab asal warga trans yang pulang, agar bisa diganti. Mereka sudah menyetujui secara bertahap akan kita isi dengan penghuni baru,” kata Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kaur, Ir Darselin.

Untuk pergantian penghuni ini akan dilakukan secara bertahap. Karena penghuni baru itu juga akan disiapkan kegiatan sektor pertaniannya. Sehingga membuat mereka bertahan di lokasi transmigrasi.

Salah satu upaya adalah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya untuk menanam jagung. Luasan lahan yang disiapkan mencapai 25 hektare. Untuk memberikan pemasukan bagi mereka yang menghuni trans saat ini.

“Untuk program tanam jagung kita dapat 25 hektare dan sudah siap lahannya 9 hektare. Dan kita harapkan ini terus berkelanjutan, sehingga mereka yang tinggal di trans nantinya bisa mandiri seperti Trans Tanjung Agung Kecamatan Tetap,” pungkas Darselin. (cik)

Berita Lainnya

Alpensyah Wakil Ketua II DPRD Kaur

KOTA BINTUHAN – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya DPP PAN memberikan mandat kepada Alpensyah sebagai ...

error: Content is protected !!