Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Mukomuko / JPU Tuntut 2,5 Tahun Kurungan

JPU Tuntut 2,5 Tahun Kurungan

Hendri Antoro

MUKOMUKO – Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko, menuntut 2,5 tahun kurungan, terhadap terdakwa mantan Sekda Mukomuko Sy. Dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) anggaran makan minum di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mukomuko tahun anggaran 2014. Tidak hanya itu, pada sidang yang digelar Kamis (5/9) di Pengadilan Tipikor Bengkulu, JPU juga menuntut denda Rp 50 juta. Atau subsidair selama 2 bulan kurungan. “Tuntutan Kamis kemarin, penjara, dua setengah tahun,” kata Kajari Mukomuko Hendri Antoro, S.Ag, SH, MH didampingi Kasi Pidsus, Andi.

Setelah ini kata Kajari, diagendakan pembacaan pledoi atau pembelaan dari terdakwa. Dilanjutkan replik dari JPU dan duplik dari terdakwa. “Dari situ baru hakim mereplik dan lainnya. Setelah itu, baru putusan,” tukas Kajari.

Ditambahkan Kasi Pidsus, Andi, pertimbangan tidak adanya tuntutan uang pengganti untuk terdakwa Sy, karena seluruh kerugian negara (KN) sudah dibebankan kepada dua terpidana sebelumnya. Dengan total mencapai Rp 1,5 miliar lebih. Sehingga tuntutan yang disampaikan juga lebih rendah.

Dan sesuai dengan fakta persidangan, bahwa Sy selaku pengguna anggaran (PA), hanya terkait dengan persetujuan pencairan dan pengesahan surat pertanggungjawaban (SPj). Dan tidak mengetahui dan tidak memerintahkan, soal adanya SPj fiktif. Serta, selama dipersidanganpun, tidak bisa dibuktikan aliran dana ke terdakwa Sy.

“KN, sudah dikembalikan semuanya. Dan sesuai pada putusan ditingkat banding, bahwa terdakwa dibuktikan pasal 3 undang-undang Tipikor. Makanya yang kita tuntut juga, penyalahgunaan kewenangan yang terbukti. Kamis (12/9) pledoi, itu rencananya. Bisa saja ditunda 19 September,” demikian Kasi Pidsus.

Mengulas, perkara tersebut, sebelumnya telah berujung dua terpidana. Yakni mantan Kabag Umum Setdadakab Mukomuko, Sa dan mantan bendahara pembantu pengeluaran, Ma. Terpidana Sa, dijatuhi hukuman penjara 5 tahun 6 bulan, denda Rp 50 juta subsidair kurungan selama 2 bulan. Dikenakan pengembalian KN sebesar Rp 913,1 juta, yang jika tidak mapu dikembalikan, digantikan pidana penjara selama 2 tahun. Sedangkan terpidana Ma, kewajiban mengembalikan KN sebesar Rp 608,7 juta.

Anggaran dari kegiatan makan minum ditahun anggaran 2014 di Setdakab Mukomuko, mencapai Rp 8,3 miliar. Dari pagu anggaran tersebut, terealisasi sesuai SPj, sebesar Rp 8,02 miliar. Setelah diaudit oleh tenaga ahli, ditemukan kerugian negara hingga Rp 1,5 miliar lebih. (hue)

Berita Lainnya

Kekeringan Sawah Terancam Meluas

MUKOMUKO – Kekeringan lahan persawahan di Kabupaten Mukomuko terancam meluas. Sebab aksi rebutan air antar ...

error: Content is protected !!