Kamis , 14 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Klaim SK Penunjukkan Pimpinan Final

Klaim SK Penunjukkan Pimpinan Final

choirul huda

MUKOMUKO – Tiga partai politik (Parpol) yang berhak atas kursi unsur pimpinan DPRD Mukomuko. Kursi ketua DPRD, hak Partai Golkar. Kursi wakil ketua 1 DPRD hak Partai Demokrat dan kursi wakil ketua 2 DPRD, hak Partai Perindo.  Namun hingga kemarin, baru Partai Perindo yang sudah memasukkan surat ke Sekretriat DPRD (Setwan) Mukomuko, untuk nama yang ditunjuk mengisi jabatan tersebut. Yakni Nopi Yanto, SH, dari daerah pemilihan (Dapil) 2. Sedangkan Partai Golkar dan Partai Demokrat, belum kunjung sampai ke Setwan.

Padahal versi ketua partai masing-masing, sudah menuntaskan siapa nama yang ditunjuk menduduki kursi tersebut. Seperti dari Partai Golkar, kursi Ketua DPRD Mukomuko dipercayakan kepada M. Ali Saftaini, SE. Ini dinyatakan Ketua DPD II Partai Golkar Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, Selasa (10/9).

“Surat rekomendasinya sudah keluar. Dan akan segera diserahkan ke sekretariat dewan,” ujar Huda.

Dijelas Huda, lambatnya surat rekomendasi untuk nama pimpinan dewan asal Partai Golkar ini, karena untuk mengusung nama tersebut. Harus mendapat persetujuan dari DPP Partai Golkar.

“Dewan pimpinan pusat, telah menyetujui dan mengeluarkan rekomendasi untuk nama calon pimpinan dewan DPRD Mukomuko dari Partai Golkar, Pak Ali, insya Allah tidak ada perubahan,” kata Huda.

Untuk diketahui, M. Ali Saftaini, SE, sekarang menjabat Ketua DPRD Mukomuko sementara, ditunjuk Ketua DPD II Partai Golkar Mukomuko. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Mukomuko Sementara, dijabat Nursalim. Dari Partai Demokrat.

Dikonfirmasi RB kemarin, Nursalim yang menjabat Sekretaris DPC Partai Demokrat Mukomuko, membenarkan belum masuknya surat dari partai ke Setwan, untuk nama wakil ketua 1 DPRD Mukomuko. Nursalim memastikan, kursi tersebut diamanahkan ke dirinya. Sesuai dengan surat yang ia terima dari DPP Partai Demokrat.

“Surat sudah sama saya. Saya lagi di DPP, acara bimtek partai. Insya Allah, Jumat (13/9), masuk,” kata Nursalim.

Ketua DPRD Mukomuko Sementara, M. Ali Saftaini, SE mengatakan, hanya Partai Perindo yang sudah memasukkan surat, untuk penunjukan pengisian kursi wakil ketua 2 DPRD Mukomuko. Sehingga, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Mukomuko, belum dapat mengagendakan pelantikan pimpinan defenitif DPRD Mukomuko.  “Banmus akan jadwalkan pelantikan, kalau surat resmi sudah masuk. Sampai hari ini, Perindo yang sudah,” kata Ali.

Ali menambahkan, tidak ada batas waktu, kapan paling lambat partai menyampaikan surat rekomendasi tersebut. Pihaknya hanya bisa menunggu, seraya terus menjalankan agenda DPRD Mukomuko dengan Pemkab Mukomuko. “Tidak ada deadline. Kapan ada surat resmi dari Parpol, Banmus akan jadwalkan pelantikan,” pungkas Ali seraya berlalu.

Sementara itu untuk pembentukan komisi di DPRD Mukomuko sudah selesai. Ada tiga komisi yang disepakati, Ketua Komisi 1 dijabat oleh Armansyah dari Partai Gerindra, kemudian Ketua Komisi 2 dijabat oleh Antonius Dalle dari Partai Perindo, sedangkan Ketua Komisi 3 dijabat oleh Wisnu Hadi dari PKPI. (hue)

Berita Lainnya

2020, Rumah Adat Bakal Dibangun

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko berencana membangun rumah adat Kabupaten Mukomuko, di tahun 2020 mendatang. Pembangunannya ...

error: Content is protected !!