Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Sekda Janji Rasionalisasikan Anggaran Perjalanan Dinas OPD Kepahiang

Sekda Janji Rasionalisasikan Anggaran Perjalanan Dinas OPD Kepahiang

KEPAHIANG – Mendapat sorotan terkait anggaran perjalanan dinas organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Kepahiang Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM angkat bicara. Ia mengatakan anggaran dinas di seluruh OPD tahun ini sebelumnya sudah melalui tahapan rasionalisasi dan evaluasi Gubernur Bengkulu.  Ia bahkan menegaskan anggaran perjalanan dinas tahun sebelumnya lebih dari anggaran tahun ini.

Ia juga memastikan untuk tahun 2020 mendatang anggaran perjalanan dinas kembali akan dilakukan rasionalisasi. “Angka perjalanan dinas yang ada pasti akan terus ditekan. Bahkan setiap tahunnya kita lakukan penghematan anggaran, karena itu sudah menjadi instruksi presidan dan selalu dibahas di setiap pertemuan di kementerian setiap tahunnya,” jelas Zamzami.

Untuk tahun 2020, Zamzami, pihaknya akan melakukan pembahasan program kerja di setiap OPD, dan memastikan ada beberapa program yang belum prioritas akan diefisiensikan anggarannya sebesar 20 persen dari total anggaran yang diusulkan OPD.

“Setiap tahunnya 10-25 persen anggaran di OPD kita rasionalisasikan. Kemungkinan besar untuk tahun depan juga tetap demikian. Karena pada dasarnya jangan dilihat angka yang ada saat ini saja, tapi baiknya kita bandingkan dengan angka yang ada sebelumnya. Angka saat ini sudah lebih kecil 25 persen dibanding angka perjalanan dinas tahun sebelumnya,” beber Zamzami.

Diketahui, jumlah dana yang dianggarkan untuk perjalanan dinas mencapai Rp 4,8 miliar.  Dari data yang diupload dalam situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Tahun 2019, dari total 34 OPD yang ada, angka perjalanan dinas tertinggi ada di Badan Keuangan Daerah (BKD) yang hampir mencapai angka Rp 1 miliar. (sly)

Berita Lainnya

Residivis Curat, Juga Terlibat Curanmor

KEPAHIANG – Ada fakta menarik dari tertangkapnya RP (21), warga Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan ...

error: Content is protected !!