Senin , 21 Oktober 2019
Home / Daerah / Lebong / SK Dewan Laku Digadai Rp 1 Miliar

SK Dewan Laku Digadai Rp 1 Miliar

Supriono

PELABAI – Bank Bengkulu siap mengakomodir pinjaman bagi anggota DPRD hingga nilai Rp 1 miliar. Syaratnya hanya Surat Keputusan (SK) pengangkatan dewan sebagai jaminan. Plafon pinjaman yang tidak kecil itu bisa dicicil dengan tenor hingga 4 tahun 4 bulan.

Tidak hanya itu, Bank Bengkulu juga siap memanjakan dewan dengan penetapan suku bunga yang lebih ringan dibanding nasabah umum yang mencapai 14,7 persen. Khusus anggota DPRD, bunga pinjaman hanya 13,99 persen. ‘’Ini kami berlakukan untuk dewan se Provinsi Bengkulu,’’ ujar Direktur Utama (Dirut) Bank Bengkulu, Agus Salim, SE, ME saat berkunjung ke Lebong, Selasa  (10/9).

Diakuinya, sudah ada pengajuan pinjaman dari anggota DPRD Lebong ke Bank Bengkulu Cabang Muara Aman. Bahkan khusus Kota Bengkulu, beberapa pengajuan pinjaman sudah ada yang cair. Pinjaman lunak kepada anggota DPRD ini sebagai bentuk support Bank Bengkulu terhadap kebutuhan para wakil rakyat pascapelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April lalu. ‘’Sejak lama program ini kami gulirkan dan sejauh ini realisasinya aman-aman saja,’’ papar Agus.

Sementara Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Lebong, Supriono, SH mengaku belum ada pengajuan pinjaman dari anggota DPRD Lebong ke pihak perbankan. Selaku Pengguna Anggaran (PA) di lingkungan Sekretariat DPRD, ia belum menandatangani persetujuan pinjaman yang diajukan oleh 25 anggota DPRD Kabupaten Lebong periode 2019-2024. ‘’Bahkan untuk gajinya saja baru dibayarkan hari ini (kemarin, red),’’ tukas Supriono.

Beberapa kasus yang terjadi selama ini, pihak perbankan harus menelan pil pahit ketika anggota DPRD yang meminjam itu bermasalah di tengah jalan sebelum masa tugasnya berakhir. Salah satunya dewan yang diberhentikan dengan tidak hormat karena tersandung perkara hukum.(sca)

Berita Lainnya

Jangan Ada Tunggakan PBB-P2

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengingatkan agar para camat, kepala desa (kades) ...

error: Content is protected !!