Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Takut Cairkan Dana Kelurahan

Takut Cairkan Dana Kelurahan

KOTA MANNA – Meski sudah dianggarkan sejak awal tahun 2019, namun dana kelurahan yang sudah disiapkan sebesar Rp 5,9 miliar hingga saat ini tak kunjung dicairkan oleh 16 kelurahan yang ada di Bengkulu Selatan (BS). Faktor penyebabnya yakni para lurah di Kabupaten Bengkulu Selatan khawatir tersandung persoalan hukum jika dana tersebut dicairkan.

Sebab pihak kelurahan tidak mengetahui pengalokasian dana sebesar Rp 370 juta yang akan diterima oleh masing-masing kelurahan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Akibatnya, dana sebesar Rp 5,9 miliar tersebut hingga saat ini masih mengendap di kas daerah.

Kabag Pembangunan Pemkab Bengkulu Selatan, Fikri Al-Jauhari mengatakan, hingga saat ini secara administrasi maupun secara lisan, para lurah di Bengkulu Selatan memang belum menyampaikan persoalan dana kelurahan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Namun dirinya memastikan ada rasa takut apabila dana tersebut dicairkan, padahal untuk penggunaan dana tersebut bisa dikoordinasikan bersama TP4D.

“Ya sepertinya ada rasa takut hukum, makanya belum ada lurah yang mencairkan dana yang cukup besar tersebut,” terang Fikri, Selasa (10/9).

Oleh sebab itu, sambung Fikri, pihaknya akan segera mengumpulkan para lurah untuk membahas penggunaan dana kelurahan agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari. Batas terakhir pencairan dana kelurahan dipastikan ditunggu hingga akhir Desember 2019. “Secepatnya kita bahas bersama lurah se-Kabupaten Bengkulu Selatan, mau dikemanakan dana itu agar tidak menjadi masalah,” demikian Fikri. (tek)

Berita Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Komitmen Ciptakan Lingkungan Yang Bersih

KOTA MANNA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bengkulu Selatan berkomitmen menciptakan lingkungan bersih. ...

error: Content is protected !!