Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Wujudkan Desa Mandiri Pangan

Wujudkan Desa Mandiri Pangan

MANDIRI PANGAN: Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar rapat dalam mewujudkan desa mandiri pangan, Selasa (10/9).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Untuk mewujudkan desa mandiri pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar rapat kelompok kerja sistem kewaspadaan pangan dan gizi serta desa mandiri pangan, kemarin (10/9). Saat ini kebiasaan masyarakat membiarkan ternak berkeliaran dapat menghambat ketahanan pangan. Sehingga, dipandang perlu mengubah pola beternak, dari ternak liar menjadi ternak yang dikandangkan.

Asisten II Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan, Novman Ahmad Ali, SE menyampaikan, masyarakat tak bisa memanfaatkan pekarangan rumah dengan sayuran dan buah-buahan jika ternak masih dibiarkan berkeliaran. Padahal, menurut Novman, ketahanan pangan sama pentingnya dengan ketahanan negara.

“Manfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan kebun buah dan sayuran. Namun semua warga harus ikut aturan dengan tidak melepasliarkan hewan ternak karena akan menggangu tanaman itu,” terang Novman.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir. Iskandar Az, mengatakan setiap hari kebutuhan sayuran di Bengkulu Selatan yang didatangkan dari Pagar Alam mencapai 7 ton per hari. Sebenarnya, menurut Iskandar, ini bisa diminimalisir jika masyarakat sudah memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur dan buah.

Selain itu Iskandar menambahkan, rapat bertujuan membuat bahan rumusan kebijakan DKP Bengkulu Selatan tahun 2020.  Disamping itu juga DKP siap menyerap aspirasi dan masukan untuk pembangunan ketahanan pangan ke depannya. Pembangunan ketahanan pangan harus melibatkan seluruh stakeholder  terkait. Termasuk pemerintah daerah, kecamatan dan desa.

“Diharapkan ke depannya dengan meningkatnya ketahanan pangan keluarga, maka gizi masyarakat akan meningkat ,angka stunting ke depannya akan berkurang dan desa mandiri bisa terwujud,” jelas Iskandar. (tek)

Berita Lainnya

Etika Tertib Berlalulintas

PASAR MANNA – Satlantas Polres Bengkulu Selatan terus mensosialisasikan tertib berlalulintas di sekolah SMA dan ...

error: Content is protected !!