Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Batik Khas Mukomuko Segera Dipromosikan

Batik Khas Mukomuko Segera Dipromosikan

BATIK: Bupati Mukomuko Choirul Huda tampak mengenakan baju batik khas Mukomuko Bauki Tando Pusako.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Sukses mendapatkan corak  batik khas Mukomuko, Pemkab Mukomuko  rencananya akan mencetak dan mempromosikan batik khas Mukomuko. Promosi itu akan dilakukan dalam gelaran MTQ tingkat Provinsi Bengkulu yang tuan rumahnya Kabupaten Mukomuko.

Untuk realisasikan rencana tersebut Pemkab Mukomuko segera mencetak batik tersebut di Solo, Provinsi Jateng. Pertimbangannya, di Mukomuko belum ada usaha bidang  pembuatan batik.

Jadi mau tidak mau, dana yang dialokasikan Pemkab  dikucurkan ke pengusaha pencetakan batik di Solo. Dengan pertimbangan lainnya harga lebih murah serta pembuatannya  bisa lebih cepat. Apalagi batik yang dibutuhkan untuk dipromosikan saat gelaran MTQ nanti, mencapai 450 lembar.

‘’Kita pesan di Solo. Karena harganya agak murah. Juga bisa pesan banyak. Sempat juga kita nyari pembuat batik di Bengkulu. Tapi harganya lebih tinggi, dan tidak bisa buat banyak. Padahal yang kita butuhkan banyak, yakni 450 lembar,’’ ujar Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mukomuko.

Kedepan lanjut Nurdiana, akan mengupayakan batik khas Mukomuko bisa diproduksikan  di Mukomuko. Oleh karenanya, dana sebesar Rp 100 juta sudah diusulkan untuk masuk APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019.

Dana tersebut, dikhususkan untuk pelatihan membatik bagi masyarakat Mukomuko.  Dengan target bisa melatih hingga 50 orang. Mulai pelatihan tingkat dasar, kombinasi  warna serta seterusnya. Sehingga nantinya warga tersebut bisa memiliki keahlian di tingkat pandai membatik.

‘’Yang kita ajukan di APBD-P adalah untuk pelatihan tingkat dasar. Kedepan rencana akan digelar pelatihan tingkat selanjutnya. Dengan harapan masyarakat bisa membuat batik, khususnya batik khas Mukomuko,” harap Nurdiana.(hue)

Berita Lainnya

261 Honorer Akan Diajukan SK Gubernur

MUKOMUKO – Sebanyak 261 tenaga honoror di lingkungan SMA dan SMK serta sekolah luar biasa ...

error: Content is protected !!