Minggu , 22 September 2019
Home / Metropolis / GEMA Tuntut Evaluasi KPK

GEMA Tuntut Evaluasi KPK

AKSI DAMA: Massa GEMA saat menggelar aksi damai di gedung DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu (11/9). Tampak perwakilan anggota dewan provinsi Suimi Fales dan Zainal menemui massa.(foto: yunike/rb)

BENGKULU – Rencana revisi Undang-undang (UU) KPK terus menuai pro dan kontra termasuk di Provinsi Bengkulu. Kali ini Gerakan Entitas Masyarakat Advokasi (GEMA) Bengkulu mendukung revisi tersebut. Mereka menggelar aksi damai menuntut revisi UU KPK di DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu (11/9) siang.

“Usia UU tersebut sudah 17 tahun sehingga sudah sepatutnya direvisi. Layak untuk dievaluasi, dibenahi demi eksistensi KPK ke depan lebih kokoh, dinamis dan berkepastian Hukum,” kata Ketua GEMA Goang Ginaldi (24) yang berprofesi sebagai mahasiswa ini.

Selain alasan di atas maksud dan tujuan dilaksanakannya aksi untuk mendukung revisi UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK, terang Goang, bertujuan untuk mengevaluasi Wadah Pegawai (WP) KPK. Lantaran dinilai WP KPK telah menyimpang dari tujuan pembentukan berdasarkan PP Nomor 65 Tahun 2005 tentang Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia.

WP KPK dalam kenyataannya justru berfungsi sebagai kelompok penekan terhadap kebijakan pimpinan untuk memaksakan tuntutannya yang justru melanggar disiplin dan UU Kepegawaian. “Revisi UU KPK memberikan kepastian hukum dalam praktik penyadapan oleh KPK. Dalam kegiatan penyadapan. selama ini KPK belum didukung standar operasional prosedur (SOP) eksaminasi. Sehingga berpotensi terjadi penyalahgunaan penyadapan,” beber Goang.

Lanjutnya, rencana revisi UU KPK bukanlah upaya melemahkan lembaga anti rasuah Indonesia ini. Revisi UU KPK akan memberikan kepastian hukum sesuai dengan KUHP yang berlaku pada semua Aparat Penegak Hukum (APH). Revisi UU KPK akan membuat KPK lebih efektif, terkontrol dan tidak berpotensi melakukan kesewenang-wenangan dalam kekuasaannya.

Massa akhirnya ditemui oleh perwakilan anggota DPRD Provinsi, Suimi Fales dan Zainal. Zainal berjanji akan membawa aspirasi massa ini ke DPR RI. “Kita akan meneruskan aspirasi dan apa yang menjadi tuntutan massa hingga ketingkat pusat,” ujar Zainal.(key)

Berita Lainnya

Danlanal Bengkulu, Tutup Pendidikan Karakter 427 Siswa

BENGKULU– Komandan Pangkalan TNI AL ( Danlanal ) Bengkulu, Letkol Laut ( P ) M ...

error: Content is protected !!