Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Kejari Limpahkan Tersangka Korupsi DD

Kejari Limpahkan Tersangka Korupsi DD

SIAPKAN: Penyidik Kejari Kaur menyiapkan berkas untuk pelimpahan tahap kedua kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD).(foto: ist/rb)

KOTA BINTUHAN – Kalau tidak ada halangan hari ini (12/9) penyidik Kejari Kaur akan segera melakukan pelimpahan tahap kedua. Dari penyidik Kejari Kaur ke jaksa penuntut umum (JPU) tersangka tidak lain adalah Asisman yang juga menjabat Kades Papahan non aktif saat ini.

“Kalau jadwal pelimpahan besok (hari ini red) yaitu pelimpahan tahap kedua tsk dan barang bukti di Bengkulu. Setelah itu baru akan memasuki persidangan,” ungkap Kejari Kaur Douglas P Nainggolan, SH, MH melalui Kasi Pidsus Alman Noveri, SH, MH kepada RB.

Sementara itu untuk jumlah kerugian negara untuk kasus DD Papahan yang sebelumnya diprediksi sekitar Rp 200 juta. Setelah dilakukan audit oleh tim audit Kejati Bengkulu. Jumlah kerugian negara pada DD tahun 2018 di Desa Papahan sebesar Rp 164,8 juta.

Hingga saat ini belum satu rupiah pun uang negara tersebut dikembalikan oleh tersangka. Kendati demikian, proses hukum terhadap Kades Papahan tetap berlanjut, karena telah terbukti melakukan kegiatan fiktif pada tahun 2018 yang lalu.

“Kalau sebelumnya hasil audit kita Rp 200 juta, namun setelah dilakukan audit oleh tim audit Kejati Bengkulu jumlahnya berkurang Rp 164,8 juta,” pungkas Kasi Pidsus Kejari Kaur.

Dengan telah ditahannya Kades Papahan sebagai tersangka kasus DD tahun 2018. Maka sudah ada tiga kades yang dipenjara karena kasus DD sejak dua tahun terakhir. Dua lainnya adalah Mardi yang saat itu menjabat Kades Cucupan Kecamatan Tetap divonis 1 tahun 6 bulan. Kemudian Jumartono mantan Kades Kedataran Kecamatan Maje yang dihukum penjara 2 tahun 2 bulan.

Sementara satu kasus DD lagi yang saat ini belum tuntas dan masih menunggu hasil audit dari Kejati Bengkulu. Yaitu kasus DD Desa Tanjung Kemuning II tahun 2016 yang diduga kuat melibatkan HS yang saat itu menjabat kades Tanjung Kemuning II.  (cik)

Berita Lainnya

Forum RT Ngadu ke Dewan

KOTA BINTUHAN – Forum RT Kelurahan Bandar Bintuhan Selasa (17/9) “menggeruduk” kantor DPRD Kabupaten Kaur. ...

error: Content is protected !!