Jumat , 20 September 2019
Home / Metropolis / Ketua RT Tagih Janji Kenaikan Honor

Ketua RT Tagih Janji Kenaikan Honor

BENGKULU – Sejumlah Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu kembali menagih janji Pemerintah Kota (Pemkot) yang berencana akan menaiki honor mereka dari Rp 500 ribu perbulan menjadi Rp 1 juta. Pasalnya jelang pembahasan rancangan APBD kota, sejumlah RT/RW berharap anggaran kenaikan honor mereka masuk dalam APBD 2020 mendatang.

Juru bicara Forum Komunikasi Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu Supratman, S.Sos, MSi menuturkan, bahwa pihaknya berharap usulan kenaikan honor yang pernah disampaikan oleh sejumlah Ketua RT dan dijanjikan pemkot akan direalisasikan mudah-mudahan cepat terealisasi.

“Harapan kami di tahun 2020 ini kenaikan honor ketua RT/RW bisa terealisasi. Sebab sebelumnya pak walikota juga pernah berjanji akan merealisasikan (kenaikan honor RT). Apalagi mengingat kondisi saat ini, tentu berpengaruh sekali seperti kami sebagai ketua RT yang kerjanya sangat berat ini,” papar Supratman yang juga menjabat Ketua RT 2 Kelurahan Jalan Gedang ini.

Sambung Supratman, dalam bekerja disatu sisi tanggungjawab yang diemban sebagai ketua RT sangat besar terutama menjaga lingkungan sekitar warga, agar tetap aman kondusif dari tindakan kriminalitas.

“Memang kalau dilihat sepintas memang kerja Ketua RT ringan. Namun bisa lihat sendiri, kalau ada apa-apa yang pertama dicari itu adalah Ketua RT. Sebab tugas kita bukan hanya melayani masyarakat saja, tetapi juga melindungi agar lingkungan kita tetap aman dari tindakan kejahatan manapun,” bebernya.

Selain itu lanjut Supratman, bahwa selama ini Ketua RT/RW juga terus mendukung penuh apapun program dari pemerintah kota. Sebab hal itu juga menjadi bagian dari tugas sebagai bagian dari perangkat kelurahan pemerintah. “Apalagi ketika ada program pemerintah, pertama kali mensosialisasikan kemasyarakat bawah adalah Ketua RT/RW setempat. Untuk itu kami berhapa pemerintah kota juga lebih memperhatikan akan kebutuhan ketua RT,” jelasnya.

Sementara terkait hal itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota, Ir Arif Gunadi mengungkapkan, bahwa usulan kenaikan honor RT/RW tersebut masih akan dikaji bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). “Lagian kita juga masih menunggu alat kelengkapan dewan ini terbentuk untuk pembahasan anggaran rancangan APBD. Terkait soal usulan kenaikan honor RT yang jelas akan kita kaji lagi bersama, kita lihat kemampuan anggarannya dulu,” ungkapnya.(new)

Berita Lainnya

Dewan Setuju Gaji Honorer Naik

BENGKULU – Ketua sementara  DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, S.IP mendukung rencana untuk menaikkan gaji honorer ...

error: Content is protected !!