Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Pamerkan Kebun Hortikultura

Pamerkan Kebun Hortikultura

Hernawan

KEPAHIANG – Dinas Pertanian (Distan) merupakan salah satu leading sector utama dalam pelaksanaan kegiatan Mountain Valley Festival II yang rencananya akan digelar pada bulan 23 September mendatang. Untuk itu beberapa kegiatan sudah disiapkan oleh Distan Kepahiang mulai dari kebun hortikultura, pameran ternak, hingga parade kopi dalam event berskala provinsi tersebut.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP untuk kebun hortikultura, saat ini pihaknya sudah menyiapkan demplot yang akan menjadi display tanaman hortikultura yakni sayuran dan buah. Untuk sayuran ada beberapa jenis tanaman yang disiapkan yakni cabe besar, cabe rawit, tomat, sawi, kol, daun bawang, bawang merah, dan bawang putih.

“Sementara untuk buahan, kita siapkan tanaman buah melon, stroberi dan semangka. Kemudian juga ada tanaman merambat seperti gambas. Saat ini kondisinya sudah mulai ditanam di demplot kita di Desa Tugu Rejo Kecamatan Kabawetan dengan luas 3 hektare,” jelas Hernawan, Rabu (11/9).

Adapun harapan dari demplot ini, sambung Hernawan, nantinya saat event Mountain Valley Festival, display tersebut bisa menjadi salah satu kunjungan agrowisata bagi para pengunjung yang datang. Karena lokasi demplot tersebut tidak begitu jauh dari konsentrasi event yang digelar di lapangan Tugu Rejo Kecamatan Kabawetan.

Tidak hanya fokus pada hortikultura, Hernawan juga menambahkan pihaknya juga akan memamerkan berbagai jenis hewan ternak seperti sapi dan kambing dalam event tersebut. Bahkan selain itu juga pihaknya akan menggelar kontes ternak yang terbuka untuk seluruh peternak yang ada di Kabupaten Kepahiang dan luar Kabupaten Kepahiang.

“Untuk ternak sapi, ada 3 jenis yang akan kita pamerkan dan konteskan yakni sapi Bali, sapi Simental, dan sapi Perah. Kalau untuk kambing kita akan kontes dan pamerkan jenis kambing Peranakan Etawa (PE). Yang dinilai nantinya kategori pejantan unggul, bibit yang sesuai, dan anakan hasil Inseminasi Buatan (IB),” terang Hernawan.

Selanjutnya ada event Parade Kopi yang akan diisi dengan kegiatan lomba kolase bahan green bean kopi, lomba melukis di atas piring dari ampas kopi, lomba seni ukir pahat bongkol kopi, dan lomba menyeduh kopi bagi barista.

“Kemudian juga akan menggelar kegiatan Focus Group Discussion Kampoeng Kopi, yang akan dihadiri oleh unsur pemerintahan dan para pelaku kopi se-Kabupaten Kepahiang,” jelasnya.

Selanjutnya, Distan Kepahiang juga akan menggelar Coffee Roasting Contest atau lomba sangrai kopi, yang dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Kampoeng Kopi di Kecamatan Kabawetan. Berikutnya ada kegiatan Jelajah Wisata Kopi, Camping Pramuka, dan foto selfie dan wefie.

“Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat mengenai potensi kopi kita, khususya klon kopi robusta unggul Kepahiang, Sintaro, dan Sehasence,” demikian Hernawan. (sly)

Berita Lainnya

Data Pemilik Mobil Dinas Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal

KEPAHIANG – Guna melakukan penertiban atas aset daerah, mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Pembangunan Daerah ...

error: Content is protected !!