Sabtu , 16 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tertibkan Rute Angkutan Tambang dan Perkebunan

Tertibkan Rute Angkutan Tambang dan Perkebunan

Haryadi

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara akan menyurati perusahaan tambang batu bara (BB), perkebunan dan pengusaha angkutan di wilayah Bengkulu Utara. Hal ini terkait rute kendaraan angkutan berat yang digunakan untuk mengangkut hasil pertambangan dan perkebunan.

Hal ini menindaklanjuti kesepakatan dalam pertemuan di Pemprov Bengkulu mengenai angkutan pertambangan dan perkebunan atau angkutan kendaraan berat lainnya. Sekda Bengkulu Utara Dr. Haryadi, MM, M.Si menjelaskan pemkab sudah sejak dua tahun lalu menentukan rute kendaraan angkutan berat tersebut. Terutama yang melintasi jalan dalam Kota Arga Makmur, mengingat banyaknya kerusakan jembatan yang belum diperbaiki oleh Pemprov sehingga tidak memungkinkan untuk dilintasi.

“Kita sudah arahkan agar kendarana terutama yang berasal dari Kecamatan Padang Jaya, Giri Mulya artau Lebong untuk masuk ke Arga Makmur melalui Desa Gunung Selan menuju Kecamatan Lais. Tidak masuk ke Kecamatan Air Besi,” terangnya.

Tak hanya  soal rute, Pemkab Bengkulu Utara juga meminta perusahaan tambang, perkebunan dan angkutan lainnya melakukan pengujian kelaikan kendaraan atau KIR. Sehingga kemampuan kendaraan terutama dalam bobot tonase bisa terukur. “Alat uji KIR di Dishub Bengkulu Utara sudah bersertifikasi dan satu-satunya di Provinsi Bengkulu. Jadi tidak ada alasan lagi tidak melakukan pengujian,” katanya.

Hal ini menjadi salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan angkutan berat terutama yang diakibatkan dari over tonase kendaraan. Bengkulu Utara sendiri menjadi kabupaten dengan aktivitas kendaraan angkutan tertinggi, terutama pertambangan dan perkebunan. “Jika masih melanggar aturan rute atau tidak melakukan pengurusan KIR, baik polisi maupun Dishub akan langsung mengambil penindakan,” tegasnya.(qia)

Berita Lainnya

Kakek Gantung Diri

ENGGANO – Sukio Joko Sumitro (65) warga Desa Kaana, Kecamatan Enggano pukul 17.00 WIB kemarin, ...

error: Content is protected !!