Jumat , 20 September 2019
Home / Metropolis / BI Ajak UMKM Go Digital

BI Ajak UMKM Go Digital

GO DIGITAL: BI menggelar workshop UMKM go Digital Rabu malam Kamis (12/9).(foto: iksan/rb)

BENGKULU – Survei Bank Indonesia pada 300 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bengkulu menunjukkan baru 5 persen UMKM yang sudah memanfaatkan e-Commerce sebagai sarana berjualan online.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Joni Marsius menegaskan BI berupaya melakukan pembinaan di semua lini. Melalui konsep BI hadir disetiap makna Indonesia, kali ini BI kata Joni mengajak dan mengundang 150 UMKM di Bengkulu untuk  mengikuti workshop selama dua hari hingga Jumat (13/9) di Hotel Santika.

Tujuanya, agar usaha kecil mengenal pemanfaatan e-commerce sebagai sebuah sarana bagi mereka untuk memperluas akses dan jangkauan pasar dengan biaya murah, cepat dan efisien. “Kita paparkan semua dari upaya ini, agar Usaha kecil memanfaatkan kemajuan teknologi digital melalui e-commerce untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Tidak hanya itu, UMKM juga dikenalkan konsep uang digital, dan pemanfaatan teknolologi QR code (Quick Response code) dalam proses pembayaran,” tukasnya.

Sementara itu dari pantauan RB, agar acara workshop ini berjalan sesuai harapan, Bank Indonesia bekerja sama dengan 4 e-commerce yang sudah eksis yakni Blibli.com, Tokopedia, shopee dan Bukalapak. Hal itu bertujuan untuk memberi edukasi kepada peserta seputar cara membuka toko di e-commerce, termasuk persyaratan dan keuntungan yang akan diperoleh.

SME Channel Sales Associate Blibli.com Pusat Faisal Marwan menegaskan ini kali pertama pihaknya diundang untuk ikut serta di Bengkulu. Ia mengatakan usaha kecil dari Bengkulu yang membuka toko di Blibli.com memang sudah ada tetapi jumlahnya belum terlalu banyak.

“Kalau diingat-ingat sekitar kurang dari 50 usaha,” jelasnya. Beragam usaha kecil yang membuka toko antara lain dari produk-produk kopi Bengkulu. “Kita syaratnya mudah, gratis untuk membuka tokonya, dengan  hanya dikenakan biaya 2 persen saja, dari harga produk jika terjadi transaksi,” pungkasnya.(iks)

Berita Lainnya

Dewan Setuju Gaji Honorer Naik

BENGKULU – Ketua sementara  DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, S.IP mendukung rencana untuk menaikkan gaji honorer ...

error: Content is protected !!