Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Catut Nama Dandim, Minta Uang ke Kadis

Catut Nama Dandim, Minta Uang ke Kadis

ARGA MAKMUR – Pelaku penipuan yang mengatasnamakan pejabat untuk meminta uang kembali terjadi di Bengkulu Utara (BU). Kali ini pelaku mengaku sebagai Dandim 0423/Bengkulu Utara Letkol. Inf. Agus Pramudyo Saksono, M.Si yang baru dua minggu menjalankan tugasnya di BU.

Pelaku sepertinya sangat mengenal nama-nama dan nomor telepon pejabat dan pengusaha terutama konstruksi di wilayah Bengkulu Utara. Pelaku menggunakan nomor 0853- 2222-9985 dan menghubungi beberapa pejabat dan kontraktor lalu meminta uang.

Modusnya pelaku yang mengaku Dandim tersebut meminta dikumpulkan beberapa ormas dan OKP untuk dipertemukan dengannya. Dengan alasan tersebut pelaku meminta dana untuk penyelenggaraan acara.

Namun para pejabat dan pengusaha segera menghubungi pejabat Kodim 0423/Bengkulu Utara untuk mempertanyakan kebenarannya. Benar saja, nomor yang digunakan pelaku tak sama dengan nomor telepon Dandim yang asli.

Dikonfirmasi, Dandim Letkol. Inf. Agus Pramudyo Saksono, M.Si melalui Dan Unit Intel Kodim 0423/Bengkulu Utara Letda. Inf. Litong Marpaung mengatakan personelnya langsung melakukan penyelidikan setelah mendapatan laporan dari pejabat dan pengusaha yang dimintai uang. Hasilnya diketahui keberadaan nomor tersebut dari Sulawesi Selatan. “Kita mendapatkan posisi nomor telepon yang digunakan pelaku berada di Kabupaten Sidrap, Sulsel. Jelas itu tidak benar dan salah satu modus penipuan,” terangnya.

Untungnya para korban segera berkoordinasi dengan Kodim sehingga tidak ada yang menjadi korban atau sudah menyetorkan uang. “Kita berkoordinasi antar jajaran terkait permasalahan ini. Yang jelas jika pelakunya tertangkap kita akan minta diproses secara hukum,” tegasnya.

Modus penipuan dengan mencatut nama pejabat ini bukan modus baru, namun baru kali ini menggunakan nama pejabat TNI. Biasanya nama yang dicatut adalah pejabat polisi atau pejabat Pemkab Bengkulu Utara terkait mutasi jabatan atau penerimaan CPNS.(qia)

Berita Lainnya

Perubahan Nomenklatur Ada Pejabat Bakal Nonjob

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara akan membahas nomenklatur baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Diantaranya ...

error: Content is protected !!