Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Giliran Kebun Karet Milik Warga Terbakar

Giliran Kebun Karet Milik Warga Terbakar

UPAYA : Petugas Dinas Damkar RL bersama masyarakat, TNI, Polri dan BPBD berupaya memadamkan api di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau Sabtu (14/9) malam lalu.

PUT – Kebakaran lahan kebun kembali terjadi Sabtu (14/9) malam sekitar pukul 22.14 WIB di wilayah Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT). Lahan kebun karet yang luasnya sekitar 2 hektare dipinggir jalan lintas Curup-Lubuk Linggau tersebut merupakan milik dua warga setempat masing-masing Awin (65) dan Samsul Saidi (35).

Diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB, mereka menurunkan tiga unit armada dan personil dari 3 pos damkar. Masing-masing Pos Damkar Sindang Kelingi, Pos Damkar PUT dan Pos Damkar Kecamatan Kota Padang.

‘’Evakuasi dan pemadaman kebakaran lahan tadi malam (sabtu malam, red) memakan waktu lebih kurang tiga jam. Kita melakukan pemadaman bersama masyarakat, personil BPBD, TNI dan Polri. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil yang dialami pemilik kebun sekitar enampuluh juta rupiah,’’ ungkap Sumardi.

Sementara itu, Kapolres RL AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK melalui Kapolsek PUT Iptu Apion Sori, SH didampingi Kanit Reskrim Ipda M. Azhara K, SH kepada RB mengungkapkan, diduga api berasal dari api puntung rokok. Dimana kondisi lahan kebun karet tersebut sebelum terbakar memang banyak yang sudah jadi semak belukar.

Dugaan api puntung rokok tersebut, sambung Apion, bukan tidak mungkin karena saat kejadian, banyak warga yang melintas dari arah Desa Karang Baru dan Desa Tanjung Heran menuju Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU). Karena di SBU sedang ada acara pesta malam hajatan salah satu warganya.

‘’Dugaan kita api berasal dari puntung rokok yang dibuang dipinggir jalan lantaran banyak warga yang lalulalang sebelum kejadian. Tapi api bisa dipadamkan dengan bantuan armada dan personil MPK serta personil BPBD Kabupaten Rejang Lebong. Dan dibantu warga, serta personil polri dan TNI,’’ demikian Apion.(dtk)

Berita Lainnya

Bunda Paud Rejang Lebong Terima Penghargaan Nasional

CURUP – Kabar gembira datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) ...

error: Content is protected !!