Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Masih Banyak Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

Masih Banyak Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

TUNJUKKAN: Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan Iskandar AZ menunjukkan peta Kabupaten Bengkulu Selatan masih rawan pangan.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sampai sekarang, masih ada desa rawan pangan. Ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten, Bengkulu Selatan Ir. Iskandar AZ.

Menyikapi masalah tersebut Dinas Ketahanan Pangan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), harus besinergi. Ini untuk menjadikan Bumi Sekundang Setungguan, menjadi wilayah penghasil pangan maupun pemanfaatan  lahan pekarangan rumah.

‘’Dari 11 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan ada 59 desa yang dinilai masih rawan pangan. Jadi kami selalu bersinergi sama dinas terkait. Ini tak lain untuk menyukseskan masyarakat dalam memanfaatkan perkarangan rumah untuk bisa menanam jagung dan umbi-ubian,’’ kata Iskandar.

Pasalnya, yang paling utama masyarakat tak mau memanfaatkan perkarangan rumah, lanjut Iskandar, adalah masih banyak hewan ternak warga tidak dikandangkan. Inilah yang jadi penyebab Kabupaten Bengkulu Selatan masih kategori rawan pangan. Meskipun Bengkulu Selatan wilayah yang subur dan lahan masyarakat masih sangat luas.

‘’Kita inginkan dinas terkait selalu dapat saling bersinergi. Dari Satpol PP sendiri, telah melakukan sosialisasi dan  kerjasama dengan desa  agar tak melepasliarkan hewan ternaknya,” terang Iskandar.

Adapun pemanfaatan lahan pekarangan rumah, tambah Iskandar, sangat mudah dan ringkas. Pasalnya, Pemkab Bengkulu Selatan sangat mendukung dalam pemberian bibit bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan perkarangan rumah untuk dapat dijadikan lahan untuk bercocok tanam.

“Bupati ingin masyarakat Bengkulu Selatan menanam jagung dan ubi. Ini karena dua tanaman ini sangat mudah tumbuh dan gizinya sangat baik untuk pangan masyarakat Bengkulu Selatan,” jelas Iskandar.

Karenanya pihaknya sangat berharap sinergi  masyarakat yang miliki hewan ternak supaya  dikandangkan agar pangan masyarkat  Bengkulu Selatan bisa tumbuh. Ini sekaligus mengatasi  Kabupaten Bengkulu Selatan rawan pangan.

Sementara itu Kasatpol PP Bengkulu Selatan , Ir. Susmanto mengatakan pihaknya sudah jalankan tupoksi sebagai penegak Perda. Salah satunya yakni menertibkan hewan ternak yang berkeliaran.

‘’Kita siap dukung Kabupaten Bengkulu Selatan agar tidak rawan pangan. Kepada masyarakat yang masih melepasliarkan ternaknya agar jangan marah kalau hewan ternaknya dirazia Satpol PP,’’ demikian Susmanto.(tek)

Berita Lainnya

Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Komitmen Ciptakan Lingkungan Yang Bersih

KOTA MANNA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bengkulu Selatan berkomitmen menciptakan lingkungan bersih. ...

error: Content is protected !!