Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Masuk DPO, Perburuan Eks Kades Berlanjut

Masuk DPO, Perburuan Eks Kades Berlanjut

Fatkhuri

ARGA MAKMUR – Hampir dua bulan Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara (BU) melakukan pencarian mantan Kades Karya Pelita, Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Ujang Suardi. Namun pencarian yang dilakukan penyidik atas tersangka kasus korupsi yang merugikan negara Rp 400 juta tersebut belum membuahkan hasil.

Kajari Bengkulu Utara, Fatkhuri, SH melalui Kasi Intelijen, Denny Agustian, SH, MH menuturkan, jika Jaksa masih melakukan penelusuran terkait kemungkinan keberadaan tersangka. Bahkan pencarian sudah dilakukan di luar Provinsi Bengkulu dimana pelaku diyakini sedang bersembunyi.

“Kita masih melakukan pengumpulan informasi dan mencari ke beberapa tempat yang memang dicurigai menjadi lokasi persembunyian,” katanya, Minggu (15/9).

Tak sendirian, dengan masuknya Ujang dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kini seluruh jajaran Kejaksaan mencari keberaannya. Sehingga diyakini cepat atau lambat tersangka akan bisa digelandang di sel tahanan untuk menjalani persidangan.

“Jika memang sudah ada titik terang lokasi tersangka kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatan. Hanya saja saat ini kita masih berusaha,” jelas Denny.

DD Tahap II Dicairkan

Di sisi lain, kini Dana Desa (DD) Karya Pelita tahap II tahun ini sudah dicairkan. Pemkab Bengkulu Utara sempat berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, pasalnya persyaratan pencairan tahap II harus melampirkan pertanggungjawaban DD tahun lalu. Sedangkan DD 2018 lalu tidak ada pertanggungjawaban dan menjadi kerugian negara.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ir. Budi Sampurno menuturkan, Pemkab Bengkulu Utara sudah menyampaikan hasil audit Inspektorat yang ditemukan adanya kerugian negara. Selain itu disampaikan juga jika kasus tersebut kini ditangani oleh Kejaksaan.

“Jadi sekarang DD tahap II Desa Karya Pelita sudah kita bayarkan. Karena tidak mungkin pembangunan yang dilakukan terhambat. Kita berkoordinasi dengan Kemenkeu untuk memperoleh dasar,” pungkas Budi. (qia)

Berita Lainnya

Motor Dipreteli Lalu Dijual

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara masih melakukan pengembangan atas ditangkapnya dua anak bawah umur ...

error: Content is protected !!