Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Mukomuko Mulai Terasa Hembusan Asap Karhutla

Mukomuko Mulai Terasa Hembusan Asap Karhutla

Syahrizal

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko khususnya di area Kota Mukomuko udaranya terkontaminasi asap. Asap Ini diduga dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kondisi ini  semakin hari smeakin tebal.

Asap mulai selimuti Mukomuko akan terlihat saat malam dan pagi hari. Meski masyarakat masih bisa bernafas dengan baik tanpa  ada rasa aneh, tapi kabut asap kali ini sangat mengganggu jarak pandang pengendara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko, Syahrizal, SH, tidak menampik kondisi tersebut. Khususnya dalam dua hari terakhir.

Ia pastikan asap yang menyelimuti Mukomuko ini. merupakan asap kiriman dari Karhutla) daerah lain. “Ini asap kiriman. Sebab kita tak begitu jauh dari Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan yang sebagaimana kita ketahui pada wilayah itu terjadi kebakaran hebat di sejumlah kawasan hutannya,’’ kata Syahrizal.

Mukomuko turut terkena imbas. Atas kondisi itu, Syahrizal menyebutkan akan melaporkan masalah ini kepada Bupati Mukomuko. Dengan melibatkan instansi dan dinas terkait guna memastikan langkah-langkah kebijakan yang akan diambil.

“Senin (hari ini. Red.) akan kita laporkan kepada Bapak Bupati. Kemungkinan  langsung kita gelar rapat guna mengambil keputusan, langkah apa yang dilakukan. Tentunya kita menunggu petunjuk Bapak Bupati,” ujarnya.

Sejauh ini meskipun dampak dari kabut asap sudah dirasakan masyarakat Mukomuko, namun belum sampai menggangu kegiatan masyarakat maupun perkantoran pemerintah, sekolah dan swasta. Kini masih berjalan seperti biasa.

‘’Belum ada keluhan yang kita terima. Tapi sekarang udah mulai mengkhawatirkan. Kita berharap agar secepatnya musibah kebakaran lahan terkendali. Juga masyarakat Mukomuko harus hati-hati. Jangan asal bakar lahan,” demikian Syahrizal.(hue)

Berita Lainnya

Akhir Oktober, APBDP Bisa Dibelanjakan

MUKOMUKO – Dinyatakan Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Weni Jaro, M.Si, Perda APBD ...

error: Content is protected !!