Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Petakan Titik Rawan Kebakaran

Petakan Titik Rawan Kebakaran

BENTENG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), telah memetakan titik rawan kebakaran. Titik tersebut dirangkum dalam kecamatan yang ada di Kabupaten Benteng.

Adapun yang harus menjadi perhatian untuk diantisipasi bahaya kebakaran yakni di Kecamatan Pematang Tiga, Bang Haji, Merigi Sakti, Merigi kelindang, Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Karang Tinggi, Taba Penanjung hingga Semidang Lagan.

“Daerah tersebut memiliki lahan perkebunan dan hutan yang masih cukup luas,” kata Kepala Pelaksana BPBD Benteng, Samsul Bahri, M.Pd, Minggu (15/9).

Dijelaskannya, dalam mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan, BPBD Benteng juga terus berkoordinasi dengan pemerintahan baik tingkat kecamatan hingga tingkat desa. “Pengawasan bersama terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan Samsul, pembukaan lahan baru juga diwaspadai. Diharapkan agar pemilik lahan untuk tidak sembarangan membakar lahan saat musim panas saat ini. Menurut Samsul, api akan cepat menyebar dan membakar apapun bahan yang mudah terbakar.

Pengalaman dari kebakaran di Bukit Kandis, yang diperkirakan hanya dari puntung rokok pengunjung patut diwaspadai. Selain itu, diingatkan juga kepada masyarakat untuk waspada saat membakar lahan. “Salah membakar lahan juga bisa kena pidana. Tim gabungan bukan hanya dari kalangan pemerintah daerah, namun juga dari aparat penegak hukum,” demikian Samsul. (vla)

Berita Lainnya

Uji Coba Retribusi Terminal Mulai Desember

BENTENG – Uji coba pungutan retribusi di terminal akan dimulai Desember mendatang. Setelah itu, sesuai ...

error: Content is protected !!