Jumat , 22 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Jago Parpol Vs Independen

Jago Parpol Vs Independen

Iqbal Bastari

CURUP – Hingga saat ini, diketahui baru DPC PDIP Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang sudah resmi membuka pendaftaran calon bupati/wakil bupati untuk Pilkada 2020 mendatang. Sedangkan partai lain, terutama pemilik lebih dari dua kursi di DPRD Kabupaten RL belum tepantau membuka secara resmi pendaftaran. Meskipun informasi di lapangan sudah banyak nama pasangan yang muncul dan partai mana yang akan berkemungkinan mengusung pasangan tersebut.

Diantaranya ada nama pasangan calon Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah. Dimana diketahui Syamsul merupakan pasangan calon bupati 2016-2021 yang diusung gabungan dari koalisi PKB, Partai Gerindra, PKS dan PAN. Sedangkan Hendra diketahui merupakan salah satu tokoh muda yang bergerak dan aktif duberbagai oganisasi, salah satunya menduduki jabatan Ketua PMI Kabupaten RL. Pengusungnya diprediksi Golkar dengan 5 kursi dan PKB 2 kursi.

Selanjutnya ada nama tokoh perempuan sekaligus politisi Partai Nasdem Susilawati yang juga merupakan istri dari mantan Bupati RL dua periode Suherman. Pasangannya adalah anggota DPRD RL periode 2019-2024 dari Partai Demokrat yaitu Nurul Khairiah. Selain diketahui merupakan salah satu tokoh masyarakat dan anggota dewan, sebelumnya Nurul sempat menjadi calon Wakil Bupati 2016-2021 pasangan Fatrolazi yang diusung PDIP dan Nasdem. Keduanya dimungkinkan akan diusung Partai Nasdem yang memiliki 2 kursi dan Partai Demokrat yang memiliki 4 kursi.

Nama pasangan lain yang sudah santer dikalangan masyarakat, yaitu M. Fikri Thobari yang berkemungkinan berpasangan dengan Surya. Selain dikenal sebagai pengusahan muda, Fikri saat ini menjabat sebagai Plt. Ketua DPD PAN Kabupaten RL. Sedangkan Surya diketahui sudah beberapa periode menduduki jabatan unsur pimpinan dewan RL. Bahkan saat ini dirinya menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten RL. Kursi yang dimiliki sudah cukup untuk mencalon, PAN 2 Kursi dan PDIP 4 Kursi.

Satu pasangan lagi yang berkemungkinan dicalonkan dari Partai Politik yaitu Heri Purwanto-M. Syafik. Heri diketahui merupakan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Partai Perindo. Dan menjadi calon wakil bupati Periode 2016-2021 berpasang dengan Alrullah Jambak melalui jalur independen. Sedangkan M. Syafik merupakan salah satu kader dari Partai Gerindra RL. Jika prediksi tepat, keduanya dimungkinkan diusung Perindo dan Gerindra yang masing-masing memiliki empat kursi dan dua kursi di DPRD Kabupaten RL.

Sedangkan untuk jalur Independen, informasi sementara masih bermunculan nama-nama lama. Diantaranya yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati RL H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM. Kemudian ada nama Fatrolazi dan nama H. John Ferianto. Keduanya diketahui sama-sama mencalonkan diri pada pertarungan Pilkada sebelumnya. Namun begitu ketiganya masih berkemungkinan diusung oleh partai politik.

Hanya saja, hampir seluruh pimpinan partai politik yang sempat dikonfirmasi RB, belum mau menanggapi prediksi tersebut. Terlebih rata-rata mereka memang belum membuka pendaftaran pasangan calon untuk penjaringan Pilkada 2020 mendatang.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten RL H. Andrian Wahyudi, SE Senin mengungkapkan, apapun informasi dan isu yang muncul di masyarakat terkait pasangan calon pilkada, itu sah-sah saja. Namun soal siapa yang akan diusung Partai Golkar tetap harus melalui penjaringan dan mekanisme partai yang sudah ada. ‘’Silahkan saja apa yang berkembang di masyarakat. Tapi kita baru akan membuka pendaftaran dalam waktu dekat dan ini terbuka untuk umum. Kalau nanti nama yang muncul dimasyarakat tidak mendaftar, bagaimana mau kita usung. Tapi yang jelas kita melakukan penjaringan sesuai dengan mekanisme partai. Termasuk soal penjaringan partai yang akan diajak berkoalisi mengusung pasangan calon,’’ terang Yudi.

Hampir senada, Ketua DPC PDIP Kabupaten RL Surya, ST menyampaikan kepada RB, mereka tidak bisa memprediksi apapun. Karena saat ini mereka baru melakukan penjaringan dengan membuka pendaftaran pasangan calon. Termasuk juga untuk kualisi partai, masih dalam proses komunikasi politik. ‘’Kita punya mekanisme partai dan ini harus dilalui serta diikuti. Termasuk untuk kualisi partai nantinya, masih dalam proses penjaringan dan komunikasi juga,’’ singkat Surya.

Terpisah, Plt. Ketua DPDP PAN Kabupaten RL sekaligus salah satu nama yang diprediksi kuat akan ikut bertarung dalam pilkada Rejang Lebong 2020 mendatang, yaitu M. Fikri Tobari mengaku belum bisa berkomentar banyak. Apalagi mereka baru akan menyusun tim untuk melaksanakan penjaringan pasangan calon. ‘’Semua partai pasti kita jalin komunikasi untuk mengusung pasangan calon nantinya. Apalagi kita hanya memiliki dua kursi di DPRD Rejang Lebong yang artinya membutuhkan empat kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan calon,’’ kata Fikri.(dtk)

Berita Lainnya

Momentum Teladani Nabi Muhammad

CURUP – Pemkab Rejang Lebong (RL) Kamis (21/11) menggelar peringatan Maulid Nabi yang difokus kan ...