Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Kebakaran Lahan Masih Terus Berlanjut

Kebakaran Lahan Masih Terus Berlanjut

UPAYA: Petugas pemadaman kebakaran berupaya melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar.

CURUP – Personil dan armada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) hingga Senin (16/9) sepertinya terus bersiap siaga satu kali dua puluh empat jam. Pasalnya kebakaran lahan masih terus berlanjut, terutama di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten RL.

Kejadian terbaru, yaitu kebakaran lahan kebun karet dan kebun durian seluas satu hektare milik Ujang (56) warga Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Minggu (15) jam 15.00 WIB. Api bisa dipadamkan dengan waktu lebih kurang 20 menit oleh dua unit mobil pemadam kebakaran (MPK) dari Pos Damkar Kecamatan Sindang Kelingi dan PUT.

Bahkan kemarin, kebakaran lahan juga kembali terjadi bahkan di tiga lokasi yang berbeda. Masing-masing di RT 8 RW 3 Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang, tepatnya di belakang BTN Nangka Emas, sekitar pukul 09.30 wib. Kebakaran ini dipicu putusnya kabel listrik disela-sela pohon bambu sehingga lahan dibawahnya sekitar 1/4 hektar terbakar.

Selanjutnya, bencana kebakaran lahan terjadi dijalan lintas Curup-Lubuk Linggau pagi Senin. Lokasi tepatnya di lahan pembuangan sampah sawangan Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang milik Sarip (46) sekitar pukul 09.30 WIB. Bencana kebakaran selanjutnya yaitu di lahan kosong milik Edi Iskandar warga Desa Guru Agung Kecamatan PUT yang terjadi pukul 10.15WIB.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kabupaten RL Drs. H. Sumardi, M.Si yang dikonfirmasi RB menungkapkan, banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran lahan. Faktor utama adalah musim kemarau yang melanda Kabupaten RL yang menyebabkan lahan banyak kering dan mudah terbakar. Ditambah lagi masih kurangnya kewaspadaan masyarakat saat membuang puntung rokok serta membakar sampah.

‘’Dalam bulan September 2019 ini sja, sudah lebih dari 10 kejadian kebakaran lahan. Baik itu lahan kosong maupun lahan kebun milik warga yang disebabkan diantaranya diduga karena pembakaran sampah dan puntung rokok yang dibuang sembarangan. Makanya kita imbau agar lebih waspada. Apalagi dengan kondisi tiupan angin kencang yang terjadi saat ini, semakin memudahkan api membesar,’’ imbuh Sumardi.(dtk)

Berita Lainnya

60 Tim Basket Ikut Berlaga, Perbasi Cup II Kabupaten Rejang Lebong

CURUP – Secara resmi, kemarin kegiatan tournamen Bola Basket Perbasi Cup II Kabuoaten Rejang Lebong ...

error: Content is protected !!