Senin , 18 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bronjong, Tangkal Pendangkalan Alur

Bronjong, Tangkal Pendangkalan Alur

LONGSOR: Tanggul yang dibuat dari hasil pengerukan alur Pian Daka longsor kembali.

IPUH – Kades Pasar Ipuh Kecamatan Ipuh, Edi Haryanto menyatakan pendangkalan alur Pian Daka tidak ada hubungannya dengan bangunan pengaman pantai yang baru tuntas dibangun. ‘’Bangunan itu tidak mengganggu. Malah bagus,” klaim Edi.

Mengatasi permasalahan pendangkalan Pian Daka, lanjut Edi, dibutuhkan pembangunan bangunan penahan kiri kanan alur Pian Daka. Misalnya dibangun bronjong. Agar pasir yang dikeruk dari dalam alur Pian Daka tidak lagi longsor.

Dinyatakan Edi, meskipun dikeruk hingga seribu kali, selagi tak dibangun bronjong penahan kiri dan kanan, maka pendangkalan terus terjadi. Bahkan akan semain cepat, saat terjadi pasang air laut naik.

“Dikeruk saja sampai seribu kali tak akan ada hasil. Tanpa dibangun bangunan penahan kiri dan kanan alur. Masalahnya kan sudah dikeruk, tapi pasirnya masuk lagi,’’ kata Edi.

Dijelaskan ada material berupa batu-batu besar yang bisa digunakan untuk dijadikan penahan pasir kanan dan kiri alur. Batu-batu tersebut merupakan eks penahan abrasi Pantai Ipuh yang kini sudah tak digunakan lagi. Karena sudah ada bangunan permanen pengaman pantai.

“Permasalahannya kami tidak ada dana untuk pindahkan batu-batu itu ke sepanjang alur Pian Daka itu. Ya setidaknya bisa dipasang bronjong sepanjang 100 meter ke kiri dan kanan. Kami meminta Pemda membantu. Terus alur dikeruk kembali,” tegas Edi.

Untuk diketahui, setidaknya ada 68 perahu jokong yang setiap hari masuk ke area Pian Daka. Akibat pendangkalan ini jokong sulit keluar yang hendak melaut maupun yang akan pulang.

Terpisah anggota DPRD Mukomuko Syamsurizal mengatakan permasalahan itu sudah tak bisa  ditunda. Perlu cepat ditangani oleh Pemkab Mukomuko. “Karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Diharapkan direalisasikan di APBDP 2019. Disinilah fungsi pemerintah untuk membantu dan mengayomi masyarakat,” demikian Syamsurizal.(hue)

Berita Lainnya

Vaksinasi HPR Tuntas November

MUKOMUKO – Vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), ditarget rampung di November ini. Total, sudah 2.350 ...

error: Content is protected !!