Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Kekurangan SDM

Kekurangan SDM

Hidayattullah sjahid

KEPAHIANG –      Dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM. IPU mengaku tidak mau lagi kecolongan, lantaran seleksi CPNS hanya dijadikan batu loncatan bagi beberapa oknum yang hanya singgah kemudian mengajukan pindah ke luar daerah.

Bahkan Bupati menegaskan, dalam kurun 3 tahun terakhir lebih dari 100 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lulus seleksi CPNS pindah ke luar daerah. Sementara jumlah ASN yang masuk ke Kabupaten Kepahiang dari daerah lain hanya 20 orang. Bupati mengaku, fenomena ini secara tidak langsung menganggu kinerja pemerintahan Kabupaten Kepahiang, yang semakin hari semakin kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita padahal kekurangan SDM, namun tiap buka seleksi CPNS selalu dijadikan batu loncatan. Tapi ya mau bagaimana lagi, bupati tidak memiliki kewenangan untuk menentukan siapa yang harus lulus CPNS. Kalau bupati punya kewenangan, kita ingin yang lulus seleksi CPNS adalah warga Kabupaten Kepahiang saja. Biar tidak pindah-pindah dan bisa membangun daerah,” ungkap Bupati, Rabu (18/9).

Untuk menutupi kekurangan ASN ini, Bupati mengatakan jalan satu-satunya adalah harus melalui proses perekturan CPNS lagi. Namun tetap saja dirinya mengaku simalakama. Sebab jika dilihat dari hasil perekrutan CPNS tahun 2018 lalu, hanya 20 persen peserta yang lulus adalah penduduk asli Kabupaten Kepahiang. Selebihnya yang lulus adalah peserta dari luar Kabupaten Kepahiang, bahkan luar Provinsi Bengkulu.

“Setelah lulus perekrutan, tidak lama kemudian mengusulkan pindah juga dengan alasan untuk dekat dengan keluarga,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Manfaatkan Peran Majelis Taklim

KEPAHIANG – Majelis taklim merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan khas Islam yang tumbuh subur ...

error: Content is protected !!