Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kemarau, Distribusi Air PDAM Berkurang

Kemarau, Distribusi Air PDAM Berkurang

MUKOMUKO –Musim kemarau berdampak terhadap pelanggan air PDAM Tirta Selagan Mukomuko. Pasalnya, hulu Sungai Selagan yang menjadi sumber air baku PDAM menyusut drastis. Ada sekitar 1.220 pelanggan terdampak dengan kondisi tersebut. Karena air yang disalurkan kemampuannya mengecil.

Seperti diungkapkan Direktur PDAM Tirta Selagan Mukomuko, Suryadi, S.IP,  normalnya air baku PDAM yang masuk dan disalurkan ke pelanggan sampai 60 liter perdetik. Kondisi terkini air yang masuk hanya sekitar 40 liter perdetik.

“Tekanan air yang dikirim kepada pelanggan jadi berkurang. Ini makin diperparah dengan kondisi lain,” kata Suryadi.

Kondisi yang turut mempengaruhi suplai air kepada pelanggan, adanya sejumlah titik kebocoran pipa. Kondisi tersebut perlu penanganan supaya air yang sampai ke pelanggan tidak banyak berkurang.

“Kami akan fokus pada perbaikan-perbaikan pipa yang bocor. Karena kebocoran pipa ini juga sangat mempengaruhi suplai air kepada pelanggan,” jelas Suryadi.

Selain itu untuk mengoptimalkan masuknya air baku ke pipa induk dilakukan langkah pembersihan saluran air. Khususnya dari hulu Sungai Selagan ke bak penampungan. Juga dilakukan kegiatan pengurasan bak penampungan. “Ini kita lakukan semua. Tapi belum mampu menormalkan kembali debit air baku,” terangnya.

Pihaknya berharap masyarakat Mukomuko yang memakai air PDAM, agar bersabar dan maklum dengan kondisi yang ada saat ini. Lantaran faktor alam. ‘’Bukan semata faktor teknis dari PDAM. Kami minta maaf atas kondisi PDAM sekarang. Ini pengaruh alam. Kami akan berupaya semaksimal mungkin supaya pasokan air PDAM kembali normal,” jelas Suryadi.(hue)

Berita Lainnya

15 Desa di Mukomuko Dapat Bonus Kinerja

MUKOMUKO – Tahun 2020 mendatang pemerintah pusat  mengalokasikan dana Alokasi Kinerja bagi desa. Dana tersebut ...

error: Content is protected !!