Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pengembangan Danau Nibung

Pengembangan Danau Nibung

Reni Yulia

MUKOMUKO –Untuk mengembangkan objek wisata Danau Nibung, Dinas Pariwisata  Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, ajukan

dana Rp 10 miliar kepada pemerintah pusat. Ini dijelaskan Kabid Pariwisata Disparpora Mukomuko, Reni Yulia, SS.

Pengusulan anggaran sebesar itu, khususnya  untuk membangun tempat ibadah, lampu taman, menara pandang, gazebo, plaza atau tempat penjualan makanan/minuman, ruang ganti/toilet, fasilitas kebersihan, panggung kesenian dan sejumlah pembangunan fisik lainnya.

“Mengapa Danau Nibung yang kita ajukan. Karena Danau Nibung sudah di SK-kan Gubernur Bengkulu sebagai destinasi unggulan Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko,” jelas Reni.

Diakuinya, untuk pengembangan suatu objek wisata membutuhkan anggaran cukup besar. Ini tidak bisa dilakukan sekaligus, harus dilaksanakan secara bertahap.

“Meskipun secara bertahap, untuk persiapan kita matangkan dulu jauh-jauh hari seperti kelengkapan rencana induknya, masterplan dan lainnya. Termasuk status lokasi objek wisata yang akan dikembangkan itu,” papar Reni.

Reni optimis, kalau potensi objek wisata yang ada di daerah ini dapat dikembangkan dengan baik dan didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). ‘’Kita terus berupaya mengembangkan potensi objek-objek wisata yang ada,” imbuhnya.

Kini Disparpora Mukomuko mulai menyiapkan sejumlah potensi objek wisata lainnya. Seperti sedang dipersiapkan dokumen-dokumen persyaratan dan lainnya. Namun potensi objek wisata yang tengah disusun lebih lanjut itu, diluar dari wisata yang masuk dalam kawasan Cagar Alam (CA), Hutan Produksi Terbatas (HPT), dan hutan kawasan lainnya yang dilarang.

“Potensi objek wisata yang masuk dalam CA dan HPT tak bisa dilakukan pengembangan,” demikian Reni.(hue)

Berita Lainnya

15 Desa Dapat Di Mukomuko Bonus Kinerja

MUKOMUKO – Tahun 2020 mendatang pemerintah pusat  mengalokasikan dana Alokasi Kinerja bagi desa. Dana tersebut ...

error: Content is protected !!