Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 17 Hektare Lahan Terbakar

17 Hektare Lahan Terbakar

Sumardi

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, setidaknya ada 23 kejadian kebakaran lahan. Dengan total luas lahan yang terbakar mencapai 17 hektare. Kebakaran lahan ini tersebar di berbagai kecamatan. Terbanyak berada di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Diungkapkan Kepala Dinas Damkar Kabupaten RL Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB, untuk wilayah Kecamatan PUT terjadi 11 kejadian kebakaran lahan. Baik kebakaran lahan kosong maupun kebakaran dalam lahan kebun milik warga setempat. Paling sering terjadi di wilayah Desa Guru Agung, Karang Baru, Muara Talita dan Desa Kasie Kasubun.

‘’Untuk kecamatan lain, yaitu wilayah Kecamatan Selupu Rejang, Binduriang, Bermani Ulu dan Kecamatan Kota Padang. Serta Kecamatan Bermani Ulu Raya, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Curup Utara. Dari sekian banyak kejadian, total luas lahan yang terbakar mencapai 17 hektare. Dalam satu kejadian paling sedikit lahan yang terbakar setengah hektare dan paling banyak dua hektare,’’ terang Sumardi.

Ditambahkan Sumardi, untuk total dalam tahun ini setidaknya sudah ada 40 kasus kebakaran, baik lahan maupun kebakaran rumah pemukiman di Kabupaten RL. Faktor paling utama dan terbanyak diduga karena human eror, terutama pada kejadian kebakaran lahan. Penyebabnya kalau tidak karena puntung rokok yang dibuang sembarangan atau karena adanya pembakaran sampah.

‘’Hampir rata-rata diduga karena human eror atau kelalaian manusia. Terutama untuk kebakaran lahan karena puntung rokok dan pembakaran sampah. Sedangkan untuk kebakaran pemukiman, mayoritas diduga penyebabnya adalah korsleting listrik. Sekali lagi kita imbau agar masyarakat untuk semakin meningkatan kesadaran agar mengurangi risiko terjadinya kebakaran, baik pemukiman maupun lahan,’’ imbuh Sumardi.(dtk)

Berita Lainnya

PAN Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

CURUP – Minggu (13/10) secara resmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanan Nasional (PAN) Kabupaten ...

error: Content is protected !!