Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pemerintah Kabupaten Mukomuko Siap Rekrut CPNS dan P3K

Pemerintah Kabupaten Mukomuko Siap Rekrut CPNS dan P3K

Marjohan

MUKOMUKO – Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan menyebut, Pemkab Mukomuko sudah menyiapkan diri untuk penerimaan CPNS dan P3K 2019. Khusus untuk dana, sudah disediakan dana sekitar Rp 200 jutaan.

“Tidak ada persoalan lagi kalau untuk perekrutannya. Baik itu untuk P3K maupun untuk CPNS, dananya sudah siap di APBD murni,” kata Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan.

Artinya, tidak ada kendala pendanaan pada perekrutan. Meskipun masih perlu ditambah. Tinggal lagi, Pemkab Mukomuko menunggu kuota yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

“Kuota penerimaan sampai sekarang belum ada. Cuma untuk pengajuan, sudah disampaikan,” kata Sekda.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko Edy Suntono, SH yakin, dengan bertambahnya CPNS dan P3K untuk Kabupaten Mukomuko.

Tidak akan mempengaruhi keuangan daerah. Pasalnya, akan ditambah oleh pemerintah pusat. Selain itu, keuangan daerah masih cukup memungkinkan untuk membiayai gaji PNS.

“Dengan adanya penambahan pegawai. Biasanya diikuti dengan adanya tambahan transfer dana dari Pemerintah Pusat. Khususnya dana untuk membayar gaji. Tapi ini semua akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat,” kata Edy.

Total usulan untuk CPNS 150 kuota dan P3K sebanyak 350 kuota. Kini menunggu panggilan rapat koordinasi (Rakor) dari KemenPANRB. Terkait dengan tahapan, mekanisme termasuk pembagian kuota.

“Sudah diusulkan. Masih menunggu panggilan Rakor dari pusat. Alokasi terbanyak untuk penerimaan guru. Baru kemudian untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” terangnya.

Pihaknya optimis, Kabupaten Mukomuko kembali mendapat kuota penerimaan CPNS dan calon P3K. Karena dari segi belanja pegawai dari APBD Kabupaten, masih cukup memungkinkan menerima pegawai.

Selain itu, Mukomuko masih membutuhkan ribuan pegawai. “Butuh sekitar 5.000 lagi. Dan itu kita bagi pengajuannya, setiap tahun sebanyak 500 kursi penerimaan pegawai dengan status PNS,” demikian Edy. (hue)

Berita Lainnya

Akhir Oktober, APBDP Bisa Dibelanjakan

MUKOMUKO – Dinyatakan Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Weni Jaro, M.Si, Perda APBD ...

error: Content is protected !!