Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Ratusan PNS dan Warga Ikut Salat Istisqa

Ratusan PNS dan Warga Ikut Salat Istisqa

MINTA HUJAN: Pemkab Mukomuko gelar Salat Istisqa di Masjid Agung Baitul Huda, Kamis (19/9).(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Saat kondisi langit yang  tidak cerah, Pemkab Mukomuko gelar Salat Istisqa Kamis (19/9). Salat dilaksanakan setelah Salat Zuhur di Masjid Agung Baitul Huda, yang diikuti ratusan PNS dan masyarakat.

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khatib, Ustadz Fauzan. Ikut dalam kegiatan itu diantaranya Asisten III Setdakab Mukomuko Drs. Arinal Basri dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Mukomuko. Lalu sejumlah perwira dan bintara dari Polres Mukomuko dan Kodim 0428/Mukomuko. Tampak juga tokoh masyarakat dan lainnya.

Kabag Kesra Setdakab Mukomuko, Sudirman, S.IP, MPSSp, mengatakan ini diinisiasi Pemkab Mukomuko, karena Mukomuko sudah lama tidak turun hujan. Kondisi itu kini berujung telah terjadinya kebakaran lahan sekitar enam hektare di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

Selain permasalahan itu, tidak turun hujan dalam waktu yang lama mulai berdampak pada penyusutan air sungai. Dengan kondisi itu berimbas langsung dengan ketersediaan air untuk persawahan dan pasokan air baku PDAM Tirta Selagan Mukomuko. “Kita salat minta hujan. Alhamdulillah banyak jamaah yang ikut,” ujar Sudirman.

Pasca pelaksanaan Salat Istisqa, berharap hendaknya Allah mengabulkan permohonan. Dengan memberikan hujan yang merupakan rahmat bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Dengan begitu hujan yang datang diharapkan dapat memadamkan api, dan mengurangi kabut asap. Serta dapat menaikkan kembali debit air sungai kembali menjadi normal dan mendatangkan maslahat.

“Ini yang kita harapkan. Semoga doa semua masyarakat Kabupaten Mukomuko terkabul,’’ ujar Sudirman.

Aktivitas Salat Istisqa tak hanya digelar di pusat ibukota kabupaten. Kegiatan yang sama juga diinisiasi pemerintah kecamatan. Seperti digelar di Kecamatan Ipuh. Dengan menyurati 16 kepala desa, pengurus masjid hingga organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam di wilayah tersebut.

‘’Direncanakan dilaksanakan besok (hari ini). Di halaman Masjid Darussalam Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh. Dimulai setelah Salat Ashar. Imamnya Ustadz Indra Gunawan, S.Pd.I dan Khatib, Ustadz H. Memori Susandi, Lc,” kata Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Ipuh, Afandi Rahman, S.Sos. (hue)

Berita Lainnya

15 Desa di Mukomuko Dapat Bonus Kinerja

MUKOMUKO – Tahun 2020 mendatang pemerintah pusat  mengalokasikan dana Alokasi Kinerja bagi desa. Dana tersebut ...

error: Content is protected !!