Jumat , 13 Desember 2019
Home / Berita utama / Akhir Tahun, Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Akhir Tahun, Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

BENGKULU– PT Hutama Karya (HK) memastikan pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau. Tahap awal akan dibangun sepanjang 17,6 kilometer, Kota Bengkulu simpang Betungan-Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Direncanakan agenda peresmian jalan tol ini langsung dilakukan oleh presiden akhir tahun ini.

“PT HK dan kementerian PUPR sedang menjajaki jadwal presiden untuk pelaksanaan groundbreaking (peletakan batu pertama, red),” kata Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah.

Untuk memastikan pembangunannya jalan tol di Bengkulu sesuai rencana dan tidak terkenda anggaran,  Pemprov terus melakukan pemantuan bahkan juga sudah mendatangi kantor PT Hutama Karya. Hasil pertemuan dipastikan pembangunan jalan tol tahap pertama sepanjang 17,6 Km berjalan sesuai rencana, karena anggaran sudah tersedia.

“Akan dilaksanakan sesuai dengan rencana. Berdasarkan jadwal dari PT HK, fisik jalan tol akan dibangun akhir tahun ini,” sambung Rohidin.

Pembangunan tol ruas Bengkulu – Lubuklinggau dilakukan dalam tiga tahapan dengan biaya investasi pembangunan tol mencapai Rp 33,12 triliun. Mulai dari tahap awal Simpang Betungan Kota Bengkulu – Taba Penanjung Kabupaten Benteng sepanjang ruas 17,6 Km. Untuk tahap kedua ruas Lubuklinggau- Bengkulu (Curup-Kepahiang) akan dilakukan tahapannya pada 2020 dengan panjang ruas jalan 54,5 Km, dimulai dari pengadaan tanah.

Selanjutnya seksi akhir yang dimulai akhir 2020 untuk pengadaan lahan, merupakan tahap yang membutuhkan waktu yaitu ruas Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 Km, yang dalam perencanaan akan dibuat terowongan dengan panjang tunnel sekitar 7 Km. Serta menggunakan jembatan sepanjang 1,6 Km dengan tinggi tiang 92 meter. Pekerjaan fisik dijadwalkan mulai awal 2021-akhir 2022

Terpisah, Asisten 1 Setdaprov Hamka Sabri menerangkan bahwa menurut PT HK penetapan lokasi jalan tol paling cepat ada di Bengkulu, dibandingkan daerah lainnya. Untuk pelaksanaan fisik, dari PT HK meminta setelah seluruh tahapan tuntas, baik pembebasan lahan oleh BPN maupun izin Amdal. Sedangkan peletakan batu pertama rencananya akan dilakukan di lokasi lahan milik Pemprov Bengkulu di Kelurahan Betungan Kota Bengkulu.

“Kita tetap optimis untuk tahap awal ini akan dibangun akhir tahun ini sesuai jadwal dari PT HK. Untuk, groundbreaking dari PT HK dan kementerian juga menginginkan presiden langsung yang meresmikan. Kitapun berharap bisa langsung presiden,” demikian plh sekda.

Berdasarkan dokumen perencanaan, pembangunan tol pertama di Bengkulu diawali dari trase Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 km, Simpang Betungan Kota Bengkulu ke Taba Penanjung Kabupaten Benteng membutuhkan luas tanah sekitar 270,98 hektare area (ha). Melalui 1 kota dan 1 kabupaten, 5 kecamatan dan 6 desa 1 kelurahan.

Kecamatan dilewati pembangunan jalan tol ini, yaitu Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dan selebihnya kecamatan berada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Terdiri dari Kecamatan Talang Empat dengan desa yang dilalui yaitu Air Sebakul, Padang Ulak Tanjung, dan Jumat. Kemudian Kecamatan Karang Tinggi dengan desa dilalui yaitu Desa Penanding, Kecamatan Taba Penanjung yaitu Desa Sukarami, dan Kecamatan Semidang Lagan yaitu Desa Lagan. (key)

Berita Lainnya

Gelar Rakernas, PDIP Keluarkan 44 Rekom

JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) semakin mematangkan persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun depan. ...

error: Content is protected !!