Senin , 14 Oktober 2019
Home / Metropolis / Tes CPNS Diundur Hingga Awal Tahun 2020

Tes CPNS Diundur Hingga Awal Tahun 2020

BENGKULU– Sampai saat ini KemenPANRB belum juga mengumumkan formasi CPNS dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), termasuk untuk Provinsi Bengkulu. Informasi terbaru, tes CPNS dan tenaga P3K ini dipastikan akan dilaksanakan awal tahun 2020, mundur dari rencana awal digelar akhir tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti mengatakan usulan pengajuan CPNS dan tenaga P3K oleh Pemprov Bengkulu termasuk kabupaten lainnya belum juga ada jawaban dari KemenPANRB. Sampai saat ini BKD provinsi masih menunggu pengumuman, jumlah maupun formasi yang disetujui KemenPANRB untuk Provinsi Bengkulu.

“Belum ada pengumuman formasi sampai saat ini. Diperkirakan pengumuman Oktober-November,” ujar Diah.

Bila formasi turun Oktober atau November ini, sambung Diah, maka tahapan pendaftaran baru bisa dimulai November setelah formasi CPNS dan P3K turun. Sedangkan untuk rencana pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar pada Februari dan Maret tahun 2020. “Pendaftaran diperkirakan November, rencana pelaksanaan SKD bulan Februari dan SKB pada Maret,” terang Diah.

Usulan tambahan tenaga disampaikan pemprov tidak sampai dari 100 formasi karena yang diusulkan benar-benar mendesak dan tenaganya sangat dibutuhkan. Pemprov juga sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan tes CPNS dan tes  tenaga P3K tahun ini dalam APBD Perubahan karena peluang pemprov untuk menggelar tes CPNS itu ada. Akan tetapi namun bila tahun ini belum jadi digelar maka anggaran pelaksanaan yang tidak sampai dari Rp 500 juta dapat menjadi silpa.

“Usulan formasi tambahan tenaga pegawai ini meliputi 70 persen untuk tenaga P3K, dan 30 persen CPNS, sesuai dengan pembagian kuota dari pusat. Tenaga guru diusulkan seluruhnya melalui rekruitmen tenaga P3K,” sambung Diah.

Untuk tenaga guru diantaranya ada guru penjas, seni, agama, matematika, dan TIK. Sedangkan tenaga dokter spesialis, seperti spesialis jantung, kardiovaskular, anak, kulit dan kelamin, mata, dan paru. Lalu tenaga teknis, diantaranya teknologi informasi, planologi, teknik informatika, teknik jaringan komputer. “Untuk penambahan tenaga dokter spesialis dan tenaga teknis ada yang kita usulkan melalui rekruitmen CPNS dan juga P3K,” terang Diah.

Bila usulan disetujui, maka seperti tahun lalu lokasi tes CPNS Pemprov akan dilaksanakan di kantor UPT BKN Bengkulu. Tes masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yaitu tes SKD dan SKB. Dengan komposisi perbandingan nilai untuk kelulusan jika tidak ada perubahan 40 persen nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan 60 persen Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Tes P3K juga menggunakan komputer berlokasi di UPT BKN untuk pemprov. Ada SKD dan SKB juga, namun untuk petunjuk teknis lainnya kita juga masih menunggu,” tukas Diah Diah.

Diah mengimbau bagi peminat tes CPNS dan P3K untuk dapat belajar dan berlatih soal-soal tes dari kini. Mengingat kelulusan nantinya tetap berdasarkan passinggrade dari soal-soal yang berhasil dijawab peserta. Diingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang berhubungan dengan pengadaan CPNS. (key)

Berita Lainnya

Waspada Penipuan, PLN Tak Jual Box KWH

BENGKULU – Penipuan terhadap konsumen PLN dengan kedok menjual box atau kotak meteran KWH lagi ...

error: Content is protected !!