Selasa , 18 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / CPNS Masih Terganjal Formasi

CPNS Masih Terganjal Formasi

Adib Ropik

PELABAI – Rencana perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, masih menggantung. Teknisnya masih terganjal kepastian kuota sekaligus formasi jabatan yang akan disetujui pusat. Sementara ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) baru memberikan aba-aba Lebong bakal dijatahi 280 formasi dari 1.144 formasi yang diusulkan Pemkab Lebong.

Dikatakan Kabid Mutasi Pengadaan Pegawai dan Informasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Adib Ropik, S.Sos, pihaknya masih menunggu kepastian formasi yang disetujui Kemenpan RB. Termasuk menunggu panduan berupa petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) perekrutan CPNS 2019 dari Kemenpan RB. ‘’Kalau sudah ada kepastian formasi serta juklak dan juknisnya, segera kami umumkan syarat dan pendaftarannya,’’ kata Ropik.

Terkait 280 kuota yang dijatahi Kemenpan RB, versi Ropik, baru disampaikan secara lisan alias belum ada Surat Keputusan (SK) dari Kemenpan RB. Bahkan masih berkemungkinan kuotanya berubah. Hanya saja dalam teknisnya, Kemenpan RB meminta perbandingan komposisi usulan 70 : 30 untuk kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) lebih banyak dibanding CPNS. ‘’Dalam usulan yang kami sampaikan, memang masih berbanding terbalik karena tujuh ratusan itu untuk CPNS,’’ terang Ropik.

Sebagai persiapan, Pemkab Lebong telah menganggarkan kebutuhan perekrutan CPNS dan P3K senilai Rp 500 juta dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Walau jadwalnya belum turun, besar kemungkinan jadwal pelaksanaan ujian seleksi CPNS dan P3K akan dilaksanakan serentak di seluruh daerah. ‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat juklak dan juknis dari Kemenpan RB turun,’’ ungkap Ropik.

Dari 1.144 formasi yang diusulkan Pemkab Lebong, 188 formasi diantaranya untuk tenaga pendidikan, 90 formasi tenaga kesehatan serta 309 formasi tenaga teknis. Sementara untuk P3K, diusulkan 8 formasi tenaga pendidikan, 42 formasi tenaga kesehatan dan 383 tenaga teknis. Usulan itu sesuai jumlah kebutuhan pegawai yang disampaikan seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong. (sca)

Berita Lainnya

Jangan Perpanjang Izin Tambang Langgar Amdal

PELABAI – Tidak hanya sebatas mendata keberadaan perusahaan tambang mineral bukan logam dan batuan atau ...