Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Gandeng BPN Tertibkan Aset

Gandeng BPN Tertibkan Aset

SEPAKAT: Sekda Lebong, H. Mustarani dan Kepala BPN Lebong, Kristyan menandatangani nota kesepakatan penerbitan sertifikat untuk tanah aset daerah.

PELABAI – Menindaklanjuti instruksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong memperkuat kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) guna penertiban aset tberupa tanah. Komitmen dikukuhkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar Pemkab Lebong di gedung Graha Bina Praja, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, kemarin (30/9).

Penandatanganan antara kedua belah pihak oleh Sekda Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si dan Kepala BPN Kabupaten Lebong, Ir. Kristyan Edy Waluyo. ‘’Melalui MoU ini mudah-mudahan bisa memperkuat komitmen bersama antara Pemkab Lebong dan BPN dalam penyelesaian pendaftaran tanah aset daerah,’’ ujar Mustarani.

Aset daerah yang tertib diharap bisa menjadi indikator tertibnya tata kelola Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Targetnya aset bidang pertanahan bisa tertib hingga ke tingkat masyarakat. ‘’Tujuannya, tidak lain agar pemanfaatan dan kepemilikan tanah mempunyai ketetapan hukum yang kuat,’’ terang Mustarani.

Tidak dipungkirinya, penandatanganan MoU ini amanat KPK dalam mempercepat persertifikatan tanah se Indonesia. Dengan begitu, ke depan diharap tidak ada lagi aset tanah pemerintah yang dikuasai perorangan, kelompok atau perusahaan. ‘’Tujuannya mulia, semata demi menyelamatkan aset daerah,’’ papar Mustarani.

Sementara Kristyan mengatakan, melalui kerjasama ini dipastikannya BPN siap membantu Pemkab Lebong mewujudkan penataan sertifikat dan aset daerah yang tertib. Apalagi saat ini pemerintah pusat memiliki program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang teknisnya dikelola BPN. ‘’Tentunya seluruh aset tanah milik pemerintah daerah yang masuk dalam program PTSL akan diakomodir,’’ tutup Kristyan.(sca)

Berita Lainnya

Masyarakat Kurang Berminat Jadi Penyelenggara Pemilu

PELABAI – Minat masyarakat menjadi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) mulai menurun. Buktinya Komisi Pemilihan Umum …