Senin , 14 Oktober 2019
Home / Breaking News / Baru Rohidin Kembalikan Berkas ke PDI Perjuangan, Hijazi, Bundra dan Rosjhonsyah Belum

Baru Rohidin Kembalikan Berkas ke PDI Perjuangan, Hijazi, Bundra dan Rosjhonsyah Belum

BENGKULU–  Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah resmi melamar ke PDI Perjuangan untuk diusung maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020. Diwakili Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Samsu Amanah, berkas pendaftaran dikembalikan ke panitia penjaringan PDIP hari itu juga usai mengambil formulir pendaftaran, Selasa (1/10).

“Kita sudah mendaftar ketua kita (Rohidin) ke PDIP hari ini, juga sudah memgembalikan berkas. Tinggal menunggu tahapan selanjutnya, sesuai dengan mekanisme penjaringan di internal PDIP,” ujar Samsu Amanah.

Lanjut Samsu, sebagaimana sudah dikoordinasikan dengan Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, ketua mereka akan mengikuti seluruh penjaringan di parpol yang membuka pendaftaran. Mengingat Golkar memiliki 7 kursi di DPRD provinsi sehingga masih memerlukan parpol koalisi dalam mengusung pasangan gubernur/wakil gubernur.

Selain mendaftar di partai lain, Rohidin juga nantinya juga harus mendaftar ke partai Golkar sesuai dengan mekanisme partai. Meskipun seorang ketua partai dan juga ketua penjaringan daerah, sesuai mekanisme Rohidin juga harus mendaftarkan diri di Golkar.

“Sebagimana yang sudah dibicarakan dengan ketua, semua partai yang membuka penjaringan akan mengikuti pendaftaran. Termasuk di Golkar karena mekanisme partai kita harus tetap mendaftar,” beber Samsu.

Samsu menerangkan untuk penjaringan pasangan calon kepala daerah gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati oleh partai Golkar, akan dilaunching serentak Jumat siang (4/10) sekitar pukul 13.30 WIB. Golkar membuka peluang bagi kader maupun non kader untuk mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah baik ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten.

“Lauching nanti akan kita undang panitia penjaringan daerah yang sudah kita SK kan baik untuk penjaringan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati. Usai launching, pendaftaran serentak dilakukan di tingkat provinsi dan di 8 kabupaten,” jelas Samsu.

Didominasi Figur Kada

Terpisah, Wakil Ketua Penjaringan PDIP Simarin menerangkan, hingga Selasa (2/10) sudah ada enam nama melamar ke sekretariat DPD PDIP Provinsi Bengkulu untuk diusung oleh PDIP pada Pilgub mendatang. Pendaftar didominasi oleh figur Kepala Daerah (kada). Seperti Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu), Bundra Jaya (Bupati Seluma), Ahmad Hijazi (Bupati Rejang Lebong , Rosjhonsyah (Bupati Lebong). Kemudian dua lagi, yaitu kader PDIP sendiri Mirza dan Soedirman.

Diantara enam pendaftar tersebut baru dua yang mengembalikan berkas pendaftaran setelah mengambil formulir pendaftaran, yaitu Rohidin Mersyah yang melamar posisi cagub dan Mirza (kader PDIP) melamar posisi wagub. Pendaftaran penjaringan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur oleh PDIP sampai dnegan 7 Oktober.

“Sesuai kebutuhan, waktu penjaringan kita perpanjang sampai dengan 7 Oktober. Sudah ada 2 pendaftar yang mengembalikan berkas sampai hari ini (kemarin, red), yaitu Pak Rohidin dan Mirza,” terang Simarin. (key)

Berita Lainnya

Cabuli Anak Tetangga, Petani Ditangkap

BERMANI ULU – Polsek Bermani  Ulu Polres Rejang Lebong, Senin (14/10) sekitar pukul 10.00 WIB, ...

error: Content is protected !!