Jumat , 28 Februari 2020
Home / Daerah / Seluma / Batasi Tonase, PerkimSurati Pengusaha Sawit

Batasi Tonase, PerkimSurati Pengusaha Sawit

LEBIHI TONASE: Sat lantas Polres Seluma memeriksa truk yang muatannya melebihi tonase kemampuan jalan, di Kelurahan Pasar Tais kamis (3/10).(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Pemkab Seluma tidak gertak sambal dalam menertibkan angkutan yang melebihi tonase. Terlihat dari kegiatan Bidang Perhubungan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Seluma mengirimkan surat peringatan ke perusahaan perkebunan dan pengusaha sawit agar kendaraan angkutan sawit tak melebihi tonase yang telah ditetapkan.

Disampaikan Kadis Perkim Seluma, Erlan Suadi, S.IP, MP, surat berisi imbauan untuk tidak memuat sawit atau barang lainnya ke kendaraan bila melebihi berat maksimal 8 ton. ‘’Sesuai kelas jalan kita yang hanya tipe C, jadi berat muatan yang diperbolehkan maksimal 8 ton, tidak boleh lebih,’’ tegasnya.

Dijelaskan Erlan, pihaknya akan menindak tegas jika masih ada yang melanggar. Tindakan beruapan pencabutan izin KIR dan juga penahanan kendaraan bila kesalahan dilakukan berulang. ‘’Kita bekerja sama dengan Satlantas Polres Seluma untuk menertibkan kendaraan melebihi tonase. Jika tidak ingin ditindak tegas, ikuti aturan,’’ kata Erlan.

Untuk memastikan tindak lanjut dari surat yang telah dikirimkan tersebut, Bagian Perhubungan Disperkim Seluma akan terus melaksanakan razia di seluruh wilayah Kabupaten Seluma. ‘’Pengawasannya dengan razia rutin. Kita akan gelar sesuai kebutuhan. Lokasinya berpindah-pindah dalam wilayah Kabupaten Seluma,’’ imbuhnya.

Terpisah, Sekda Seluma, Irihadi, S.Sos, M.Si mengapresiasi langkah Disperkim. Dia meminta agar semua kendaraan yang melanggar diberikan sanksi tegas. ‘’Ini bagus, untuk menjaga jalan kita tetap awet. Jadi saya apresiasi, laksanakanlah sesuai aturan,’’ sampai Irihadi.

Menurut Irihadi dengan adanya pembatasan tonase ini akan memberikan dampak positif. Selain jalan tidak cepat rusak juga memberikan dampak ekonomi ke masyarakat. Karena truk yang dulunya memuat beban melebihi tonase dapat menggunakan kendaraan lain untuk membantu menggangkut muatan tersebut.

‘’Jadi ada dua dampak positif yang timbul dari penertiban ini. Sehingga ini harus diwujudkan dan dilaksanakan oleh Disperkim Seluma,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Lapun Babi Disulap jadi Jerat Harimau

SELUMA – Tim Satgas Harimau kembali melakukan operasi sapu jerat. Tim mengamankan kawat seling jerat …