Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Naik Lagi, Dana Desa Lebong Rp 80,7 Miliar

Naik Lagi, Dana Desa Lebong Rp 80,7 Miliar

Eko Budi Santoso

PELABAI – Kendati realisasinya diduga tidak sepenuhnya sesuai harapan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT2) terus menggelontorkan Dana Desa (DD) yang lebih besar dari tahun sebelumnya. Tahun 2020, Kabupaten Lebong dipastikan menerima total DD senilai Rp 80,7 miliar. Artinya naik Rp 2,2 miliar dibanding tahun ini.

Disampaikan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso, SP, M.Eng, dengan penambahan itu 93 desa di Kabupaten Lebong akan mendapat tambahan DD masing-masing Rp 236 juta. Rata-rata setiap desa akan mengelola DD hingga Rp 867 juta. ‘’Artinya setiap desa tetap mengelola dana di atas 1 miliar rupiah karena akan ditambah ADD (alokasi dana desa, red),’’ kata Eko.

Dijelaskannya, ada tiga indikator dalam menghitung besaran DD yang akan diterima masing-masing desa. Pertama, alokasi afirmasi yang teknisnya melihat kategori tertinggal atau jumlah penduduk miskin yang ada di desa. Kedua, alokasi formula dengan teknis melihat jumlah penduduk desa, luas wilayah hingga indeks kesulitan geografis.

‘’Terakhir, alokasi kinerja. Namun teknisnya belum diketahui pasti karena kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat karena baru diterapkan tahun ini,’’ tukas Eko.

Atas penambahan DD, Eko mengaku saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan besaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) yang akan diterima Kabupaten Lebong tahun 2020. Itu untuk menentukan pagu ADD yang akan dianggarkan dalam APBD Kabupaten Lebong tahun 2020. ‘’Namun sesuai mandat Kemenkeu (kementerian keuangan, red), nilai ADD minimal sepuluh persen dari DAU dan DBH,’’ tutur Eko.(sca)

Berita Lainnya

Setiap Triwulan, TKK Dievaluasi

PELABAI – Para Tenaga Kerja Kontrak yang akan dipekerjakan Pemerintah Kabupaten Lebong tahun ini harus …