Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemerintah Kabupaten Buat Sertifikat Baru Lahan SD Model

Pemerintah Kabupaten Buat Sertifikat Baru Lahan SD Model

Agus Haryanto

ARGA MAKMUR – Sengketa lahan SDN 16 atau yang dikenal SD Model Arga Makmur sepertinya akan segera tuntas. Dinas Pendidikan tengah mengajukan permohonan pengajuan pencetakan ulang sertifikat lahan seluas 8 hektare yang menjadi sengketa dengan warga saat ini.

Kadis Pendidikan Bengkulu Utara, Dr. Agus Haryanto, SE, MM menjelaskan sertifikat lahan SDN 16 tersebut sudah ada sejak 2004. Bahkan di atas lahan 8 Ha itu juga sudah berdiri tiga kantor lain, diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Ketahanan Pangan dan Kantor UPTD Metrologi. “Namun setelah kita cari nyatanya sertifikat lahan yang sudah ada tersebut hilang, makanya kita mengajukan pencetakan ulang,” terangnya.

Ia juga menegaskan sertifikat tersebut sudah ada dan hilang sehingga bukan pembuatan baru. Nomor sertifikat yang hilang tersebut juga sudah tercatat di Kantor Badan Pertanahan Nasional (KPN) BU sehingga tinggal dilakukan pencetakan ulang dengan proses pengajuan. “Kita sudah membuat laporan kehilangan dan kini masih dalam tahap pengumuman,” terangnya.

Terkait seluas 3 Ha lahan tersebut kini sudah dipatok oleh tujuh warga yang diakui sebagai lahan milik mereka, Agus hanya menegaskan alas hak sertifikat atas lahan tersebut sudah ada sejak 2004. “Lahan tersebut milik Pemkab dibuktikan dengan sertifikat. Hanya saja terjadi kehilangan,” ujarnya.

Sebelumnya ada tujuh warga yang mengaku sebagai pemilik lahan tersebut yakni Ahmad Hadi, Arman, Katila, Rosbawani, Abdul Akip dan Nahir. Mereka sudah melakukan pengukuran dan bersiap melayangkan gugatan perdata jika tidak ada titik terang dari Pemkab Bengkulu Utara terkait penyerahan lahan tersebut pada masyarakat. Selain memasang patok kepemilikan, kini juga sudah dibangun dua ruko milik Dahnial di kawasan lahan tersebut lantaran mengaku sebagai pemilik lahan.(qia)

Berita Lainnya

Perubahan Nomenklatur Ada Pejabat Bakal Nonjob

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara akan membahas nomenklatur baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Diantaranya ...

error: Content is protected !!