Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Seluma / Sistem Informasi Rumah Sakit Online RSUD Tais Dikeluhkan

Sistem Informasi Rumah Sakit Online RSUD Tais Dikeluhkan

SELUMA – Sering tidak terkoneksinya Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) online RSUD Tais, dikeluhkan. SIRS ini berfungsi untuk mendaftarkan pasien yang akan dirujuk ke RSMY Bengkulu atau RS lainnya yang menjadi rujukan RSUD Tais. Ini diketahui setelah salah seorang pasien Sofia (1,5) warga Desa Giri Nanto, Kecamatan Ulu Talo yang mengidap leukemia saat dirujuk oleh RSUD Tais ke RSMY Bengkulu belum dapat dilayani lantaran data pasien tersebut belum masuk ke RSMY Bengkulu.

‘’Kejadiannya itu Rabu (2/10) lalu. Keluarga saya terlantar di RSMY karena data dari RSUD Tais belum masuk,’’ kata Sudi Hermanto, kerabat Sofia kepada RB, kamis (3/10).

Sementara Direktur RSUD Tais, dr. Wiwin Herwini menegaskan kejadian yang dialami oleh pasien Sofia bukan kesalahan pihaknya, namun SIRS di RSMY Bengkulu yang saat itu mengalami gangguan. Sehingga data yang dikirim mengalami keterlambatan masuk ke RSMY Bengkulu. ‘’Kejadiannya seperti itu kemarin (Selasa, red). Tapi sekarang telah beres. Pasien yang kita rujuk telah dirawat di RSMY,’’ ujar Wiwin.

Dijelaskan Wiwin, karena aplikasi SIRS tergantung dengan signal internet. Jika signal internet baik, maka proses registrasi pasien yang dirujuk akan lancar diterima oleh RS tunjuan dan sebaliknya. ‘’Baik signal dari pengirim dan penerima data harus baik. Jika ada salah satu yang macet maka data tidak akan terkirim,’’ ujar Wiwin.

Ketua DPRD Seluma, Nofi Erian Andesca, S.Sos mengatakan masalah ini harus disikapi serius oleh manajemen RSUD Tais. Termasuk kepala daerah dan petinggi di Kabupaten Seluma. RSUD Tais katanya, harus punya rumah sakit rujukan lain selain RSUD M Yunus Bengkulu. Sehingga jika RSUD M Yunus Bengkulu terlambat mengakses data atau memang pelayanan telah penuh, dapat dialihkan ke RS lain. ‘’Harus dicarikan rumah sakit rujukan alternatif, jangan cuma satu agar pasien tidak dirugikan dan terlantar,’’ kata Nofi.

Selain itu Nofi meminta agar tipe RSUD Tais segera ditingkatkan. Saat ini masih tipe D. Akibatnya, sejumlah bantuan dari Kementrian Kesehatan sulit diterima. ‘’Fasilitas yang kurang juga harus dilengkapi. Termasuk dokter spesialis yang belum lengkap. Sehingga RSUD Tais bisa naik tipe,’’ sampainya.(aba)

Berita Lainnya

2 Tersangka Korupsi KPU Segera Disidang

BENGKULU – Setelah jalani proses yang cukup panjang, dua tersangka dugaan kasus korupsi anggaran KPU …